Ide Camilan Bergizi untuk Ibu Hamil

Apa yang ibu konsumsi menjadi penting Ketika ibu sedang hamil. Ibu membutuhkan asupan vitamin dan mineral lebih banyak untuk membantu janin tubuh sehat dan untuk menjaga kesehatan ibu sedniri, dan karena tubuh ibu ‘bekerja’ lebih kerang untuk menopang kehidupan ibu dan kanin, ibu memerlukan lebih banyak kalori pada trimester 2 dan 3. Jika ibu terbiasa mengonsumsi pangan menyehatkan, maka hal ini tentu tidak sulit untuk medapatkan asupan gizi dari pangan alami yang bergizi. Untuk mendukung perkembangan janin, rata-rata ibu hamil perlu tambahan 340 kalori perhari selama trimester 2 dan 450 kalori pada trimester 2, nilai ini setara dengan 1-2 kali konsumsi camilan atau jajanan. Selain menambah kalori, pemilihan snack yang menyehatkan juga bisa mendatangkan manfaat lainnya, seperti

  • Memuaskan rasa lapar yang sering datang
  • Meredakan rasa mual, jika makan sering dengan jumlah sedikit
  • Menjaga perut agar tidak kosong
  • Membantu menghindari junk food

Berikut beberapa makanan ringan yang akan membantu Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan sekaligus menghindari keinginan ngemil yang kurang sehat:

Smoothies yoghurt

Jika bumil sedang ngidam yang dingin-dingin dan creamy, cobalah makan smooties yoghurt. Yoghurt sumber kalsium yang penting untuk perkembangan tulang dan gigi bayi, juga untuk mengoptimalkan fungsi hati, syaraf dan fungsi otot. Jika bumil tidak mengonsumsi kalsium dalam jumlah cukup, maka tubuh bisa mengambiknya dari tulang. Yoghurt juga kaya protein untuk membangun jaringan baru. Pilih yoghurt plain tanpa tambahan bahan aditif lainnya seperti gula, perasa dna pewarna.

Telur rebus

Jika bumil ngidam yang gurih-gurih, mungkin telur bisa menjadi pilihan. Kuning telur sumber terbaik kolin yang sangat penting untuk perkembganan otak bayi. Pastikan telur dimasak dengan matang ya Bu!

Kacang-kacangan

Jika bumil ingin yang gurih dan crispy, kacang-kacangan mungkin bisa menjadi pilihan. Kacang bisa menjadi camilan menyehatkan untuk ibu hamil, karena mengandung protein, serat, lemak baik dan mineral. Kacang seperti walnut sangat unik karena mengandung asam lemak omega-3 yang merupakan jenis lemak sehat yang banyak terkandung dalam ikan dan sangat membantu perkembangan otak janin.

Foto oleh Flo Dahm: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-memegang-sendok-dan-mangkuk-keramik-bulat-merah-dengan-kue-kering-1065030/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *