Makan Taoge Bikin Subur?

Taoge memiliki tekstur yang crunchy. Di Indonesia, ada banyak masakan yang menggunakan taoge. Sayuran ini rendah kalori dengan rasa yang segar dan tidak mencolok. Taoge (Vigna radiata) adalah kecambah dari kacang hijau.

Meski berbentuk kecil, tapi taoge memiliki banyak manfaat. Taoge kaya vitamin C, protein dan serat. Proses pembuatan taoge sangat sederhana. Perkecambahan pada kacang hijau meningkatkan kadar vitamin C hingga 132 mg/100 gr. Perkecambahan itu juga meningkatkan kadar niasin dan riboflavin secara signifikan.

Taoge banyak mengandung senyawa fitokimia yang berkhasiat. Saat proses perkecambahan, terjadi pembentukan asam amino esensial, ini yang menyebabkan kandungan protein taoge 10% lebih tinggi dari bijinya. (jurnal pengabdian masayarat). Taoge juga kaya vitamin E. setiap 100 gram taoge mengandung 662 mg vitamin E. Pada tabel 1 terdapat kandungan gizi taoge.

Tabel 1. Komposisi gizi pangan dihitung per 100 g, dengan Berat Dapat Dimakan (BDD) 100 %

Air (Water) : 90.4 g
Energi (Energy) : 34 Kal
Protein (Protein) : 3.7 g
Lemak (Fat) : 1.2 g
Karbohidrat (CHO) : 4.3 g
Serat (Fibre) : 1.1 g
Abu (ASH) : 0.4 g
Kalsium (Ca) : 166 mg
Fosfor (P) : 74 mg
Besi (Fe) : 0.8 mg
Natrium (Na) : 19 mg
Kalium (K) : 93.3 mg
Tembaga (Cu) : 0.16 mg
Seng (Zn) : 0.4 mg

 

 
Beta-Karoten (Carotenes) : 41 mcg
Karoten Total (Re) : 20 mcg
Thiamin (Vit. B1) : 0.09 mg
Riboflavin (Vit. B2) : 0.15 mg
Niasin (Niacin) : 1.1 mg
Vitamin C (Vit. C) : 5 mg

 

Mengutip situs WebMD, taoge dapat mencegah tekanan darah tinggi karena kandungan peptida di dalamnya. Peptida adalah bahan penyusun protein yang jumlahnya sangat tinggi pada biji kecambah. Peptida ini juga diketahui dapat membantu menurunkan risiko kanker. Taoge merupakan sumber serat tak larut yang baik untuk pencernaan. Serat membantu ‘membersihkan’ saluran cerna, sehingga mencegah konstipasi. Kandungan antioksdan pada taoge dapat membantu melindungi mata dari risiko penyakut makular degenarasi. Vitamin C pada taoge membantu mencegah katarak. Kecambah diketahui dapat meningkatkan jumlah lemak baik atau HDL sehingga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

 

Benarkah kecambah kacang hijau bisa meningkatkan kesuburan?

Kecambah kacang hijau atau taoge mengandug vitamin E, C dan selenium yang merupakan senyawa antioksidan alami. Kombinasi ketiga jenis senyawa ini dapat melindungi sel tubuh dari radikal bebas termasuk melindungi sel sperma. Namun hingga kini, khasiat kecambah kacang hijau dalam meningkatkan kesuburan masih belum banyak diteliti dan dipublikasikan.

 

Sumber:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *