Hasil Studi: Konsumsi Emulsifier Bisa Sebabkan Gangguan Metabolik

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS Biology mengungkap, anak cucu dari ibu tikus yang saat bunting diberi emulsifier mengalami gangguan metabolik, defisit kognitif dan mengalami sifat seperti kecemasan. Penelitian yang dilakukan di Spanyol ini mengungkap ada hubungan antara konsumsi emulsifier dengan ketidakseimbangan jumlah mikrobiota di usus, peradangan usus dan kanker, serta kejadian sindrom metabolik dan obesitas. Selama periode kehamilan dan menyusui, tikus tersebut diberi pakan dengan tambahan emulsifier jenis carboxmethylcellulose dan polysorbate-80 dengan konsentrasi maksimal yang dibolehkan digunakan pada pangan manusia.

Emulsifier adalah jenis bahan tambahan pangan yang digunakan di banyak pangan ultra proses. Fungsinya untuk menstabilkan atau menjaga kehomogenan sebuah adonan dari dua atau lebih fase/bentuk yang tidak bisa bercampur (misal minyak dengan air). Emulsifier bisa ditemukan pada produk margarin, mayones, salad dressing, roti, es krim, cake, juice, snack, sup instan, mie instan, dan banyak lainnya. Berdasar NOVA Food Classification system, pangan ultra proses dicirikan dengan masa simpan yang lama, memiliki lebih dari 5 jenis bahan baku, serta menggunakan bahan tambahan pangan (BTP) dan bahan baku yang biasanya tidak ada /digunakan di rumah. Seperti misalnya pengawet, pemanis, pewarna dan perisa buatan serta emulsifier.

Pangan ultra proses sangat banyak jenis dan jumlahnya di pasaran. Permintaannya juga terus meningkat. Ternyata seiring berjalannya waktu, ada banyak penelitian yang dilakukan terkait konsumsi pangan ultra proses dan risiko kesehatan yang menyertainya.

Lalu apakah  manusia juga akan mengalami hal yang sama dengan tikus akibat konsumsi emulsifier?

Penelitian tambahan harus dilakukan untuk menjelaskan apakah konsumsi emulsifier pada ibu hamil bisa berdampak pada keturunannya. Peneliti menghimbau agar ibu hamil membatasi konsumsi pangan ultra proses selama kehamilan. Peneliti juga berharap agar produsen pangan secara jelas menampilkan daftar bahan baku yang digunakan pada produknya, termasuk kandungan bahan tambahan pangan yang digunakan.

Sumber:

Maria Mila-Guasch dkk. PLOS Biology. Maternal Emulsifier Consumption Program Offspring Metabolic and Neuropsychological Health in Mice. Published: 24 Agustus 2023.

Foto oleh Min An: https://www.pexels.com/id-id/foto/es-krim-berlapis-coklat-749102/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *