Makan Ini Bisa Jaga Wajah Ibu Tetap Mulus dan Glowing

Mengonsumsi pangan sehat dapat mencegah kenaikan berat badan yang drastis dan membuat organ tubuh bekerja optimal, termasuk kulit.

Mengonsumsi jenis pangan tertentu dapat membantu kulit lebih mulus. Beberapa pangan berkhasiat mengurangi peradangan sehingga membantu mencegah munculnya jerawat. Jerawat dapat terjadi karena banyak faktor dan beberapa dikaitkan dengan jenis makanan yang dikonsumsi. Supaya wajah ibu tetap kinclong dan glowing, mengonsumsi pangan berikut ini terbukti dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

  1. Ikan mengandung minyak

alam sebuah review pada 2020 menjelaskan, konsumsi pangan kaya asam lemak omega-3 seperti jenis ikan mengandung minyak (salmon, tuna, kembung, dan lainnya) dapat membantu mengatasi peradangan pada kulit seperti peradangan karena psoriasis, dermatitis, jerawat, dan acne ulcers.

2. Kedelai

Sebuah penelitian mengungkap konsumsi isoflavon 160 gr setiap hari selama 12 minggu dapat menurunkan acne lesions atau pimples. Isoflavone pada kedelai struktur komponennya mirip dengan estrogen dan dapat berikatan dengan reseptor estrogen dalam tubuh. Hal inilah yang menjelaskan hubungan antara konsumsi kedelai dengan elastisitas kulit, pigmentasi dan vaskularisasi. Diketahui pula mengonsumsi produk kedelai dapat menurunkan keriput dan meningkatkan jumlah kolagen yang diproduksi tubuh sehingga dapat membantu menjaga ‘kekencangan’ kulit.

3. Anggur merah

Anggur merah dan wine merah mengandung komponen bernama resveratrol yang mendapatkan manfaat kesehatan jika dikonsumsi. Dalam studi in vitro yang sudah lama dilakukan, bakteri yang diketahui sebagai penyebab jerawat ‘alergi’ terhadap resveratriol, dan menganggap resveratrol sebagai racun sehingga menghambat pertumbuhan bakteri. Komponen ini juga bersifat antioksidan yang dapat membantu mencegah penuaan kulit, dan menyamarkan bekas jerawat.

Terjadinya jerawat merupakan proses kompleks yang terjadi di dalam tubuh. Beberapa jenis makanan dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan membantu mencegah timbulnya jerawat, namun sebagiaan makanan lain dapat memperburuknya. Untuk mencegah timbulnya jerawat, sebaiknya kita batasi konsumsi pangan tinggi indeks glikemik dan perbanyak konsusumsi pangan yang membantu menjaga kesehatan kulit.

Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/foods-to-avoid-for-clear-skin#foods-to-avoid

Foto: Foto oleh Pavel Danilyuk: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-wanita-gaya-rambut-bersih-6417996/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *