Camilan untuk anak

Camilan, kata ini sering disepelekan untuk makanan anak-anak. Banyak orang tua yang melarang anaknya untuk mengonsumsi camilan. Karena, banyak camilan yang dianggap kurang penting. Beberapa orang tua lebih mementingkan makan utama di waktu tertentu, seperti sarapan pagi, makan siang, dan makan malam. Tapi ternyata, dimasa pertumbuhan sang anak harus banyak asupan gizi dari makanannnya. Camilan tidak selamanya tidak sehat, seperti camilan yang sering dikonsumsi oleh orang dewasa. Camilan juga dapat mengganti kebutuhan makan sang anak jika anak tersebut susah makan.

Banyak camilan sehat yang dapat dibuat sendiri dirumah. Selain bersih, camilan buatan sendiri pasti lebih enak dibandingkan dengan buatan di luar rumah. Salah satunya adalah vegetable roll mie. Tidak selamanya mengonsumsi mi instan itu tidak sehat asalkan tidak berlebihan jika dikonsumsi. Mi juga dapat dipadu-padankan dengan aneka sayuran yang dapat menambah nilai gizi makanan tersebut. Mi juga dapat menjadi pengganti sumber karbohidrat jika sang anak susah untuk makan nasi, dan sering ditemukan anak kecil hampir tidak pernah menolak jika diberi mi.

Berikut adalah resep vegetable roll mi untuk si kecil :

Bahan :

1 bungkus mie instant rasa apa saja
1 butir telur ayam
50 gr daging sapi cincang atau ayam cincang
20 gr wortel, potong dadu
25 gr keju parut
10 gr bayam segar, iris
1 siung bawang putih, iris halus
1 siung bawang merah, iris halus
Garam, merica, dan gula pasir secukupnya

Cara membuat :

1. Rebus mi instan hingga matang.
2. Tumis bawang merah dan bawang putih yang telah diiris halus. Tumis bersama dengan daging. Masukan wortel, dan bayam. Beri tambahan air sedikit dan tumis hingga matang dan air menyusut.
3. Kocok telur, masukan tumisan sayuran dan daging, taburi garam, merica, dan gula pasir secukupnya. Masukkan mi yang telah matang ke dalam kocokan telur.
4. Siapkan Teflon, masak adonan dengan cara dilebarkan tipis seperti bentuk pizza. Jika sudah matang, gulung hingga menyerupai gulungan karpet.
5. Angkat dan potong sesuai selera. Garnish dengan seledri atau tomat.
6. Sajikan hangat.