Review buku : Mendekorasi Hidangan Anak untuk Menggugah Selera Makan

Anak usia batita (di bawah 3 tahun) sampai usia sekolah mulai menjadi konsumen aktif, mereka dapat menolak makanan yang diberikan dan menginginkan makanan tertentu yang disukai. Salah satu penyebabnya bisa karena sedang sakit sehingga anak tidak selera makan, atau merasa bosan dengan menu yang sama. Oleh karena itu seorang ibu harus lebih kreatif menyuguhkan hidangan untuk anak dengan beragam jenis makanan dan mendekorasinya agar menarik selera anak untuk mencobanya. Buku karya Hindah Muaris ini dapat menjadi sumber inspirasi ibu dalam menyajikan makanan anak dengan dekorasi menarik dan kaya gizi.

Berikut ini 5 kreasi hidangan anak yang diambil dari 20 kreasi dalam buku tersebut :

  1. Birdy Nesty. Kreasi anak burung dalam sarang. Cara membuat sarang : spaghetti direbus dengan sedikit minyak sayur. Tumis daging giling dan saus spaghetti, masukkan rebusan spaghetti, aduk rata. Telur puyuh dibentuk menjadi anak burung, cara membuatnya : celupkan telur puyuh dalam kocokan putih telur, gulir dalam tepung roti kasar, goreng hingga kuning keemasan. Bentuk burung dari dua telur ditempel dengan tusuk gigi dari plastik. Beri paruh dengan irisan wortel, mata dari mayones dan kacang hijau. Penyajiannya : tata daun selada dan peterseli kemudian spaghetti yang diputar menyerupai sarang, taruh burung dalam sarang dengan memberi kaki dari potongan putih telur.
  2. Vege Wafel Mickey. Wafel dengan tambahan jus apel dan wortel dalam adonannya, dipanaskan dengan cetakan berbentuk kepala mickey. Penyajiannya dengan salad buah atau sayur di antara dua wafel, dan tulis garis wajah mickey dengan mayones.
  3. Chicky Family. Kreasi induk ayam dan anak-anaknya yang ditata di atas nasi, dengan hiasan irisan timun, wortel, daging asap, keju, dan buncis. Cara membuat induk ayam dan anaknya mirip dengan resep Birdy Nesty.
  4. Salad Fruty Trainy. Salad dari buah semangka merah, semangka kuning, papaya, yang dipotong kotak menyerupai gerbong kereta api. Tata anggur merah menyerupai asap. Bentuk jendela dengan dressing (mayones/krim keju/yoghurt/es krim) yang digunakan sesuai selera.
  5. Cheesy Butterfly. Roti gandum panggang yang dipotong seperti sayap kupu-kupu, untuk badannya dari mentimun jepang, kepalanya dari telur puyuh, lengkapi potongan tomat atau paprika sebagai antena. Hias dengan mayones, keju, dan saus tomat untuk membentuk kupu-kupu.

Untuk mendekorasi hidangan anak perlu disiapkan peralatan makan yang menarik dengan bentuk dan warna yang atraktif, serta cetakan memasak yang bentuknya unik. Dan tetap memperhatikan kandungan gizi, variasi jenis bahan, cara membuat, dan cita rasanya.LF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *