Jenis Makanan yang Membuat Anda Kenyang Lebih Lama

Bagaimana puasa Anda hari ini? Pasti lancar ya Bu?

Namun, mungkin terkadang Anda merasa tidak berenergi bukan? Merasa lapar terutama menjelang sore atau bahkan Anda sudah merasa lapar di pagi hari?

Ada beberapa jenis bahan makanan yang bisa dikonsumsi untuk memperpanjang rasa kenyang Anda lho! Apa saja? Berikut di antaranya.

Telur

Selain kaya protein, telur mengandung zat gizi lengkap yang dapat memenuhi kebutuhan harian. Melansir Healthline, sebuah studi mengungkap bahwa konsumsi telur dapat menurunkan asupan kalori hingga 36 jam yang akan datang. Tak hanya di rebus, Anda bisa mengolah telur dengan banyak cara untuk disajikan sebagai hidangan keluarga

Kentang

Kentang matang yang masih ada kulitnya adalah sumber karbohidrat komplek yang bisa ibu pilih. Kentang mengandung aneka vitamin dan mineral serta serat dan sejumlah protein. Kentang adalah jenis umbi yang tidak mengandung lemak. Sebuah penelitian mengungkap bahwa konsumsi kentang membuat kenyang lebih lama karena mengandung proteinase inhibitor 2 (PI2) yang dapat menekan nafsu makan.

Daging

Sama seperti telur, daging kaya protein yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Sebuah penelitian membandingkan antara orang yang mengonsumsi pangan tinggi karbohidrat dengan orang yang makan makanan tinggi protein (daging) saat makan siang akan makan 12% lebih sedikit pada saat makan malam.

Bayam

Berdasarkan beberapa penelitian, sayuran memiliki komponen yang dinamakan thylakoids yang berdampak pada hormon yang bisa menyebabkan rasa kenyang.

Oatmeal

Oatmeal mengandung rendah kalori dan merupakan pangan sumber serat, teruma serat larut yang dinamakan beta-glukan yang dapat memicu keluarnya hormon yang menimbulkan rasa kenyang. Dalam sebuah penelitian disebutkan, orang yang sarapan dengan oatmeal cenderung mengonsumsi pangan rendah kalori sepanjang hari dibanding dengan orang yang tidak mengonsumsi oatmeal.

Foto oleh Trang Doan dari Pexels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *