Menghadapi si picky eater

Salah satu pengalaman yang membuat frustasi orang tua adalah mengajarkan anaknya untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Pada masa balita, anak mulai mempelajari apa yang mereka suka dan tidak. Ini berarti, anak akan menolak makan makanan yang membuat mereka sehat seperti buah dan sayur. Sebagai orang tua, pastinya Anda tidak mau ‘adu otot’ dengan anak setiap waktu makan datang bukan? jadi apa yang harus dilakukan?

Berikut beberapa 5 tip yang dapat dicoba untuk memastikan balita pemilih Anda untuk makan makanan yang bergizi.

  1. Tawarkan beberapa pilihan. Beri beberapa pilihan makanan sehat untuk dipilih anak.
  2. Luangkan waktu untuk mengetahui makanan sehat yang disukai oleh si anak. Dari beberapa pilihan makanan sehat yang orang tua tawarkan kepada anak, persilakan anak untuk mencicipinya sedikit demi sedikit, dengan begitu anak akan mengetahui makanan sehat kesukaannya.
  3. Jangan menolak untuk barter. Untuk memancingnya, orang tua dapat mengajukan penawaran, seperti misalnya “kue manis ini akan kamu dapatkan jika, 3 buah wortel itu kamu habiskan”.
  4. Tambahkan cara unik. Biarkan anak anda mengoleskan cream cheese atau selai kacang pada selembar seledri. Tambahan saus untuk cocolan juga dapat membuat anak Anda enjoy menikmati makanan sehatnya.
  5. Singkirkan junk food. Pilihan lain yang dapat dilakukan adalah singkirkan makanan yang tidak sehat dari dalam rumah.
  6. Ciptakan makanan sehat yang unik, menarik, dan membuat anak fun. Telur dan alpukat dapat dibentuk serupa kapal-kapalan. Roti gandum dapat dipotong menjadi berbagai bentuk lucu. Tidak masalah jika anak bermain dengan makanan, asalkan makanan tersebut dimakannya.
  7. Sembunyikan makanan sehat. Sesekali orang tua dapat menyembunyikan makanan sehat dalam menu si kecil, misalkan potongan sayur didalam saus pasta spagethi si anak, atau lainnya. .
  8. Libatkan si kecil dalam memasak. Biarkan anak ikut menyiapkan makanan, hal ini akan membuat si anak tertrik untuk menciipi makanan yang sedang dia buat.

Sumber: www.hubpages.com

Foto oleh Jill Wellington: https://www.pexels.com/id-id/foto/gadis-makan-buah-semangka-irisan-di-samping-meja-35545/