Review buku : 100 Resep Bubur Bayi Usia 6-12 Bulan

100 Resep untuk bayi usia 6 sampai 12 bulan disajikan dalam buku karya Hindah Muaris. Dalam buku tersebut diberikan tahapan pengenalan MPASI yang tepat untuk bayi :

Mulai usia 6 bulan

Tekstur makanan semi cair, seperti bubur susu dari tepung beras merah, beras putih, atau havermout yang dicampur ASI atau susu formula. Selain itu dapat pula dikenalkan kacang hijau, ubi kuning, atau labu kuning. Sebagai contoh 1 sendok teh tepung beras dilarutkan dalam 5 sendok teh ASI. Porsi perkenalan kira-kira 1-2 sendok teh. Frekuensi pemberian 1-2 kali makanan utama per hari, dapat ditambah selingan biskuit yang diencerkan ASI atau bubur buah 1 kali. Sayur dan buah yang diberikan adalah timun jepang (zucchini), pisang, pir, apel, alpukat, jeruk, dan papaya. Contoh resep bubur buah :

Bubur apel

Bahan: 1 buah apel merah, kupas, buang tengahnya, dan 250 ml air.

Cara membuat : Rebus apel hingga lunak 6-8 menit, angkat tiriskan. Haluskan apel dengan blender, atur kekentalannya dengan menambahkan air rebusan tadi.

Mulai usia 7 bulan

Tekstur makanan lebih kasar namun tetap lembut, atau kekentalannya ditingkatkan. Mulai dapat diperkenalkan bubur dengan 2 jenis bahan dasar. Sayur dan buah yang dapat ditambahkan antara lain, wortel, blewah, timun suri, kentang, mentimun, dan sebagainya. Selain itu daging ayam, hati ayam, tahu, dan tempe bisa juga ditambahkan. Frekuensi pemberian sama dengan usia 6 bulan namun porsi bisa ditambahkan. Contoh resep :

Bubur pepaya blewah

Bahan : 100 g pepaya, kupas, buang biji, potong-potong. 50 g blewah, kupas buang biji, potong-potong, 100 ml air matang.
Cara membuat : haluskan pepaya dengan blewah, tambah air.

Mulai usia 8 bulan

Bubur saring atau tim saring mulai dapat diberikan pada usia 8 bulan. Bubur dari variasi 3 jenis bahan yang dapat dibuat terpisah atau dicampurkan. Bahan makanan yang dapat diberikan adalah gandum, roti, kraker, lobak, bayam, sawi hijau, brokoli, dan kembang kol. Buah yang mulai dapat dikenalkan yaitu peach dan aprikot. Sumber protein dapat dikenalkan daging sapi dan kuning telur. Selain itu dapat pula dikenalkan dengan olahan susu seperti yoghurt dan keju cheddar. Frekuensi pemberian 2-3 kali makanan utama per hari, ditambah selingan 1 kali. Contoh resep bubur saring :

Bubur susu bayam hijau

Bahan : 50 g beras putih, cuci bersih, rendam sebentar, tiriskan. 50 g dada ayam, rebus. 50 g bayam hijau, petik kuntumnya, cuci bersih, rebus. 100 ml ASI. 200 ml air untuk merebus.
Cara membuat : rebus air, masukkan beras hingga lunak. Masukan rebusan dada ayam, bayam, aduk hingga rata. Angkat, haluskan dalam blender atau ditekan-tekan dengan sendok dalam saringan kawat. Campur dengan ASI, blender kembali. Suapkan selagi hangat.

Mulai usia 9-12 bulan

Makanan tim mulai dapat diberikan dengan 3-4 jenis bahan dasar, penyajian dapat dipisah atau dicampur. Kelompok pasta (mie, makaroni), sayuran dan buah (buncis, kacang panjang, kacang kapri, kacang kedelai, kiwi dan melon) mulai dapat dikenalkan pada usia 9 bulan. Frekuensi pemberian 3 kali makanan utama per hari, ditambah selingan 2 kali. Makanan selingan yang diberikan sebaiknya yang bisa digenggam untuk merangsang motorik halusnya, seperti biskuit, potongan buah atau sayuran rebus, jeli dan sebagainya. Memasuki usia 1 tahun, anak dapat diberikan makanan keluarga. Contoh resep bubur tim :

Bubur pisang salmon

Bahan : 200 g pisang ambon, haluskan. 50 g daging ikan salmon, haluskan. 400 ml kaldu sayur. 50 g sawi hijau. 100 ml santan kental. 1 sdm keju parut
Cara membuat : campur semua bahan, aduk hingga rata. Masak sampai mengental, angkat. Tempatkan dalam wadah makan bayi.

Dalam buku ini juga dipaparkan rambu-rambu dalam menyimpan MPASI, tips pengolahan MPASI, metode penyimpanan bubur, dan makanan yang perlu dihindari. LF