Buah Pertama untuk Bayiku

Bunda dapat memperkenalkan buah atau sayur terlebih dahulu. Ada beberapa yang memperkenalkan sayur sebelum buah, karena sayur cenderung hambar sehingga diharapkan bayi kelak tidak memilih yang rasanya manis saja seperti pada buah. Sayur yang disarankan zuchini yang dikukus dan dihaluskan. Untuk Buah yang pertama dikenalkan antara lain :

  1. Alpukat. Buah alpukat rasanya hambar sedikit gurih. Pilih alpukat jenis mentega yang matang. Ciri-ciri matang yaitu yang empuk jika ditekan, warna daging buahnya kuning. Cara membuat : Cuci bersih alpukat, belah dengan pisau, keruk daging buahnya dengan sendok, untuk perkenalan 2 sendok makan terlebih dahulu dan encerkan dengan ASI
  2. Pisang. Pisang ambon atau sunpride baik untuk pertama, karena rasanya yang manis. Cara membuat : cuci bersih pisang, kupas kulitnya, kerok pisang dan bisa langsung diberikan sedikit demi sedikit.
  3. Jeruk. Jeruk baby rasanya manis dan banyak airnya. Cara membuat : diperas, ambil airnya. Untuk pertama bisa diencerkan dengan air 1 : 1.
  4. Pear. Pilih pear Xiang lie, rasanya manis dan segar. Cara membuat : cuci bersih, kupas kulitnya, buang bijinya, potong bagi 4, kukus sampai empuk . Kemudian dihaluskan dengan ditambah sedikit ASI/air.
  5. Apel. Pilih apel fuji atau manalagi. Cara membuat : sama dengan pear yaitu dikukus dan haluskan.

Setelah perkenalan pertama, Bunda dapat mengkombinasikan dengan cereal, buah atau sayur lainnya. Jika bayi tidak suka, tidak apa-apa, coba lagi lain waktu. Tipsnya berikan sedikit demi sedikit, ciptakan suasana yang menyenangkan, dan untuk bayi yang belajar makan cukup sehari satu atau dua kali, berikan saat dia mau. LF

Foto oleh Thought Catalog: https://www.pexels.com/id-id/foto/irisan-alpukat-2228553/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *