Es Kul-Kul Bisa Menjadi Camilan Menyehatkan, Asal …

Konten tentang es kul-kul sering sekali lewat di beranda sosmed Bumin. Tampak lezat dan menyegarkan melihat buah-buah segar dibekukkan lalu dicelup ke dalam lelehan cokelat. Es kul-kul bisa menjadi menu camilan menyehatkan lho bu untuk si kecil, asal menggunakan bahan yang berkualitas.

Bahan utama es kul-kul ini adalah buah-buahan. Sebenarnya jenis buahnya bisa apa saja, seperti pisang, stroberi, mangga, melon, semangka, papaya, juga anggur. ibu juga bisa menggunakan buah yang belum pernah anak cicipi 😊 .

Buah yang sudah dikupas dan dipotong ini kemudian ditusukkan ke tusuk sate dan dibekukan semalaman supaya buah benar-benar membeku sempurna. Saat akan disajikan, kita bisa buat salut cokelatnya. Untuk membuat salut cokelat gunakan milk/dark cooking chocolate, bisa jenis compound atau couverture, lalu tambahkan minyak. Ibu bisa menggunakan perbandingan 1:1 untuk jumlah cokelat dan minyak, atau jika ingin lebih encer maka porsi minyak bisa lebih banyak. Aduk-aduk cokelat dan minyak hingga tercampur rata, lalu dinginkan. Setelah cokelat dingin, maka sate buah beku bisa langsung dicelupkan ke dalam lelehan cokelat, dan es kul-kul siap disantap.

Es kul-kul bisa menjadi camilan sumber vitamin, mineral dan serat untuk anak-anak lho Bu, karena bahan utamanya adalah buah segar. Namun yang perlu ibu perhatikan adalah jenis cokelat yang digunakan. Pilih cokelat dengan kadar gula rendah, dan dengan kandungan lemak kakao yang tinggi. Sebaiknya tidak menambahkan gula jika lelehan cokelatnya tidak manis, supaya rasa buah lebih dominan dan anak bisa mengenal rasa asli buah-buahan. Selain itu, jenis minyak yang digunakan bisa apa saja, bisa menggunakan minyak sayur juga minyak kelapa. Es kul-kul bisa dinikmati kapan saja untuk mengisi waktu ngemil buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *