Hati-Hati Ayam Tiren! Ini Tips Memilih Daging Ayam Segar

Hidangan dengan menggunakan bahan utama ayam pasti menjadi favorit keluarga. Tak heran, sumber pangan protein hewani banyak diburu baik di pasar maupun swalayan untuk melengkapi sajian di meja makan, termasuk salah satunya daging ayam.

Ketika membeli ayam, pastikan ayam yang kita beli adalah ayam segar dan berkualitas. Baik di pasar ataupun swalayan. Ayam segar dapat diperoleh jika kita cermat memilihnya.

Ada cara tepat memilih ayam segar yang baik dan berkualitas. Jika Anda seorang yang teliti dan peduli terhadap apa yang dimakan keluarga Anda, maka Anda  perlu tahu bagaimana cara memilih ayam sgar yang baik.

Maraknya kasus pemberitaan penjualan ayam tiren juga membuat kita waspada, karena ayam tiren dapat membahayakan kesehatan jika samapai terkonsumsi. Berikut ada beberapa tips, cara memilih ayam yang segar, sehat, dan berkualitas.

  • Ayam tiren dapat dikenali dengan cara melihat bagian bawah sayap. Jika ada darah beku di bagian bawah sayap, maka ayam tersebut adalah ayam tiren. Gumpalan darah ini merupakan efek dari pengeluaran darah yang tidak sempurna ketika ayam dipotong setelah mati.
  • Daging ayam segar memiliki bau yang khas. Pastikan daging ayam yang akan Anda beli tidak berbau anyir, atau bau lain yang tidak Anda kenal.
  • Ciri daging ayam yang baik adalah berwarna putih sedikit kemerahan, bukan berwarna kuning kehijauan.
  • Daging ayam segar adalah daging yang tidak berlendir dan tidak terlalu kering, karena hal ini akan berdampak pada kekenyalan daging. Daging yang segar adalah daging yang kenyal. Cara untuk mengetahuinya adalah dengan cara menekan daging ayam yang akan Anda beli, jika kembali ke bentuk semula, maka daging tersebut Aman dan dapat Anda beli.
  • Untuk lebih menjamin kesegarannya, Anda juga dapat membeli daging ayam langsung dari rumah pemotongan. Dengan cara ini, keamanan, kesegaran dan kehalalan daging ayam lebih  terjamin.
  • Cara terakhir yang dapat anda gunakan adalah, perhatikan apakah daging ayam yang sedang dijajakan dihinggapi lalat. Jika tidak ada lalat yang menghinggapi, maka Anda perlu waspada, karena lalat sangat anti dengan boraks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *