Mengenal Salt Therapy Yang Digunakan Nikita Willy untuk Bantu Lindungi Issa dari Udara Buruk

Beberapa waktu lalu, Nikita Willy membagikan cerita tentang anaknya Issa yang sedang bermain di ruang penuh dengan garam. Ibu satu anak ini menulis cerita “Salt room time…” pada Instagram storynya, Selasa 22 Agustus 2023. Artis yang kerap disapa Niki ini mengungkap bahwa Issa kerap melakukan salt teraphy untuk membantu menjaga kesehatan parunya dari udara buruk.

Lantas apa sebenarnya salt therapy ini?

Salt therapy atau terapi garam merupakan salah satu terapi pengobatan yang menggunakan garam kering untuk dihirup. Menukil dari laman WebMD, salt therapy atau dikenal juga dengan nama halotherapy ini biasanya dilakukan dalam ruangan (seperti spa) yang dipenuhi oleh garam. Terapi ini kabarnya bisa melancarkan pernapasan, menyehatkan kulit dan melepas stress. Terapi ini mulai banyak dicari setelah seorang dokter Polandia mengetahui bahwa hanya sedikit pekerja tambang garam yang memiliki masalah pernapasan. Salt chamber/salt room atau ruang/kamar yang dipenuhi garam menjadi sarana terapi yang populer sejak 1950 dan 1960-an.

Garam merupakan bahan alami dan aman, juga tidak menimbulkan efek samping. Garam bersifat anti peradangan dan antibakteri alami. Saat terhirup, garam membuat lendir di hdung dan menjadikan sistem pernapasan lebih lega, karena lender jadi mudah dikeluarkan. Salt therapy bisa digunakan di antaranya untuk pengobatan infeksi paru, alergi, asma, bronchitis, batuk pilek, pneumonia, dan sinusitis. Garam juga dikatakan bermanfaat untuk kulit. Dapat membantu memperbaiki sel kulit dan melindungi kulit dari infeksi dan penuaan.

Namun menurut functional medicine specialist Melissa Young, MD., dalam situs health.clevelandclinic.org belum ada penelitian yang cukup untuk membuktikan bahwa salt therapy ini bermanfaat untuk kesehatan pernapasan dan kulit.

Hati-hati ya Bu, salt therapy ini juga memiliki efek samping, yakni kemungkinan untuk mengalami batuk dengan lendir yang sangat banyak, karena saluran hidung terlalu bersih. Oleh karena itu, selalu konsultasikan kepada ahli ya bu, jika ingin melakukan terapi ini.

Sumber:

https://www.webmd.com/balance/what-is-halotherapy
https://www.medicalnewstoday.com/articles/halotherapy#benefits

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *