Penyebab Anak Enggan Mencoba Makanan Baru

Ada masa saat anak enggan untuk makan. Bahkan menolak makanan yang baru pertama kali disajikan untuknya. Tenang Bu, sebenarnya hal ini wajar ko Bu 😊

Menurut dr. Miza Afrizal Sp.A dalam sebuah acara di Jakarta Juli lalu mengungkap, keengganan anak untuk mencicipi atau makan makanan baru dinamakan food neophobia.

Food neophobia adalah menolak untuk mengonsumsi makanan baru atau asing. Gangguan makan ini menyebabkan anak menjadi pemilih makanan, hingga enggan makan makanan baru. Anak mengalami keterbatasan dalam makan sehingga kebutuhan gizi tubuh kesulitan untuk dipenuhi. Untuk mengatasi food neophobia pada anak biasanya menggunakan prinsip pengenalan dan pembiasaan, karena food neophobia ini diklasifikasikan sebagai phobia.

Food neopobhia sering terjadi pada anak usia 2-6 tahun, dan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Food neophobia tidak sama dengan picky eating atau fussy eating. Dikutip dari situs ahligizi.id, Pickiness dan fussiness bersifat sementara dan biasanya terjadi pada anak dengan usia 2-3 tahun. Studi oleh Pelchat dan Pliner menyatakan bahwa perilaku neophobia tergolong sebagai perilaku pilih-pilih makan atau rewel. Namun pickiness dan fussiness tidak tergolong ke dalam food neophobia. Karena anak-anak tetap mempelajari flavor makanan yang baru.

Mengapa food neophobia bisa terjadi?

Keengganan untuk mengonsumsi makanan baru dapat disebabkan oleh pengenalan rasa makanan yang terlambat. Penerimaan rasa makanan ini sebaiknya dilakukan berulang, tidak hanya sekali dan dilakukan sejak dini. Food neophobia juga merupakan bentuk dari kehati-hatian anak dalam merespon hal baru. Jadi, wajar jika si kecil menolak makanan yang baru pertama kali ia rasakan.

Supaya anak tidak terkena food neophobia, Dr. Miza menyarankan sebaiknya anak dikenalkan berbagai jenis bahan pangan atau makanan sebelum usianya mencapai 2 tahun. Hal ini agar anak terpapar dengan banyak rasa dan tekstur makanan, sehingga ia tak asing ketika mencoba makanan baru.

Sumber:

The Relationships between Maternal Feeding Practices and Food Neophobia and Picky Eating. Int. J. Environ. Res. Public Health 2020.

https://www.mdpi.com/1660-4601/17/11/3894

Foto oleh Andrea Piacquadio: https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-wanita-memberi-makan-anaknya-3820131/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *