Minyak Kemiri dan Khasiatnya, Bisa Menumbuhkan Rambut

Komponen antioksidan mampu meredam radikal bebas dengan mendonorkan elektron untuk berpasangan dengan radikal bebas dan bisa membahayakan tubuh. Salah satu jenis tanaman yang bersifat antioksidan adalah kemiri. Kemiri adalah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat. Senyawa kimia yang terkandung dalam kemiri yakni flavonoid bersifat antioksidan.

Ada banyak kegunaan kemiri, tak hanya untuk menyedapkan masakan, namun di Indonesia kemiri banyak dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan dan Kesehatan. Kemiri diekstrak menjadi minyak kemiri. Minyak kemiri kaya asam lemak omega-3 dan omega 6 yang jumlahnya hampir menyamai jumlah asam lemak esesnsial pada flex seed oil dan minyak biji chia yakni 71% dan 70%. Kandungan minyak dari biji kemiri tergolong tinggi yaitu 60% dari berat bijinya. Komponen utama penyusun minyak kemiri adalah asam lemak tak jenuh sebesar 86% dan asam lemak jenuh sebesar 14%.

Kemiri banyak diproses menjadi berbagai produk kesehatan, bermanfaat untuk meredakan sakit sendi, menyembuhkan luka bakar, luka iris, terbakar matahari, hingga untuk meningkatkan sistem imun. Kemiri juga diketahui banyak dimanfaatkan untuk mendukung kesehatan rambut dan kulit. Hal ini karena kemiri mengandung beragam senyawa yang bermanfaat seperti gliserida, asam linoleat, protein, vitamin B1, vitamin E, dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan.

Diketahui dari Repositroy IPB, minyak kemiri dapat menumbuhkan bulu pada punggung tikus yang botak. Uji efektivitas minyak kemiri sebagai penumbuh rambut menunjukkan pertumbuhan rambut yang lebih cepat secara statistik dibandingkan kontrol pada frekuensi pengolesan tiga kali sehari dan tidak berbeda nyata dibandingkan dengan pengolesan satu kali dan dua kali sehari. Dalam Jurnal Mahasiswa Farmasi Fakultas Kedokteran UNTAN disebutkan, minyak kemiri mudah terserap ke dalam kulit (tidak meninggalkan lapisan berminyak) membuat permukaan kulit menjadi licin, halus, dan lembut.

Sumber:

Jurnal farmasi dan sains praktis (2021)

Efektivitas Minyak Kemiri (Aleurites moluccana L.) sebagai Penumbuh Rambut pada Tikus (Rattus norvegicus). 2023. https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/121962

POTENSI PENGGUNAAN MINYAK KEMIRI (Candlenut oil) SEBAGAI PELEMBAB. file:///C:/Users/Redaksi/Downloads/47576-75676642457-1-PB.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *