Sarapan Lebih Bergizi dengan Pangan Omega-3 dan Omega-6

Asam lemak omega-3, omega-6 dan omega-9 adalah lemak makanan yang penting. Menariknya, masing-masing memiliki sejumlah manfaat kesehatan untuk tubuh. Masih banyak anak Indonesia yang tidak mencukupi kebutuhan omega-3 dan omega-6 mereka. Ada banyak sebabnya, salah satu mungkin karena kurangnya pengentahuan dan kesadaran tentang pentingnya asupan omega-3 dan omega-6 untuk tubuh.

Omega 3 banyak ditemukan pada ikan makarel, sarden, salmon, telur, biji chia, sayuran hijau, sementara Omega 6, yang banyak ditemukan pada kedelai, almond, tahu tempe. Keduanya memainkan peran penting dalam tumbuh kembang anak. Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS merupakan pakar teknologi pangan dan gizi terkemuka di Indonesia dan salah satu ketua PERGIZI PANGAN Indonesia dalam acara jumpa pers  BlueBand berkomitmen mengedukasi 10.000 Ayah Bunda & Anak tentang pentingnya sarapan bergizi penuh Omega 3 & 6, dukung Generasi Emas 2045” di Jakarta (26/8/2023) mengatakan bahwa secara ilmiah terdapat korelasi erat antara asupan Omega-3 & 6 yang cukup dengan proses tumbuh kembang anak. “Masing-masing asam lemak omega tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Omega-3 terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Docosahexaenoic acid (DHA), Eicosapentaenoic acid (EPA) dan Alpha-linolenic acid (ALA) dimana masing-masing memiliki fungsi yang penting, yaitu membantu meningkatkan kemampuan kognitif, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, menekan depresi dan kecemasan, hingga menjaga daya visual.”

“Asam lemak Omega-6 yang terdiri dari linolenic acid (LA) dan arachidonic acid (ARA) berfungsi sebagai sumber energi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semua fungsi tubuh perlu dijaga dalam kondisi baik agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal. Sesuai saran Kementerian Kesehatan, anak-anak disarankan untuk mengonsumsi dan memenuhi kebutuhan omega 3 sebanyak 0,7 – 0,9 gram per hari. Kesenjangan asupan gizi ini otomatis berpotensi menghambat masa depan dan terwujudnya Generasi Emas 2045,” tambahnya. Dengan asupan Omega 3 & 6 yang cukup, diharapkan para kandidat generasi emas 2045, anak-anak kita, dapat menguasai lima life skills yang krusial, yaitu 5C: critical thinking, creativity and inovation, communication skill, collaboration dan confidence.

Untuk meningkatkan konsumsi asam lemak omega-3 dan 6, Blueband melalui kampanye “Sarapan Berisi” berkomitmen mengedukasi paling tidak 10.000 anggota keluarga (ayah, ibu dan anak) di Indonesia mengenai pentingnya sarapan bergizi dengan Omega 3 & 6 lewat beragam pendekatan – mulai dari kick-off berupa Voluntrip (volunteering trip) bersama para ibu, edukasi pentingnya Omega 3 & 6 dan pembagian paket sarapan bergizi, interaksi langsung dengan konsumen dan edukasi lewat media sosial.

Ibu bisa mulai berkreasi dengan aneka pangan sumber omega-3 dan 6 agar sarapan buah hati lebih bergizi. 

Sumber: Press release Upfield (26/8/2023)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *