Mengenal Pemanis Buatan, Alternatif Pemanis Selain Gula Pasir

Pemanis buatan atau populer juga dengan sebutan pemanis tanpa kalori banyak ditemukan dalam berbagai produk pangan seperti minuman ringan, dessert, yoghurt, permen, baked good, permen karet, sereal, juga puding. Produk yang mengandung pemanis buatan ini biasanya tercantum tulisan ‘sugar-free’ atau ‘Tidak mengandung gula’ di kemasannya. Tak sedikit pemanis buatan yang memang digunakan untuk tujuan memaniskan pangan.

Pemanis buatan termasuk ke dalam produk pengganti gula yang biasanya tidak mengandung kalori namun memiliki intensitas rasa manis yang lebih tinggi dibandingkan pemanis yang mengandung kalori seperti gula, konsentrat jus dan gula jagung misalnya.

Pemanis buatan ini memiliki tingkat kemanisan beratus kali dari gula pasir biasa. Jadi, biasanya pemanis buatan hanya ditambahkan sedikit saja. Masyarakat menggunakan pemanis buatan alih-alih gula pasir supaya mendapatkan produk yang rendah kalori atau rendah gula namun tetap bercitarasa manis. Penggunaan pemanis buatan juga digunakan untuk mengontrol gula darah pada seseorang yang menderita diabetes atau prediabetes.

Ada 6 jenis pemanis buatan yang disetujui penggunaannya sebagai bahan tambahan pangan oleh Badan POM Amerika (USFDA). Setiap jenis pemanis buatan sudah dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi kemungkinan adanya efek samping. Berikut jenis pemanis yang tingkat kemanisannya lebih tinggi dari gula pasir (sukrosa) tapi rendah kalori atau bahkan tidak mengandung kalori.

Jenis Pemanis buatanNama brandTingkat kemanisan bila dibandingkan dengan gula pasirAcceptable Daily Intake* (maximum number of tabletop sweetener packets per day)
AspartamEqual®, NutraSweet®, Sugar Twin®200 kali lebih manis dari gula75**
Asesulfam-KSunett®, Sweet One®200 kali lebih manis dari gula23
SakarinSweet’N Low®, Sweet Twin®, Necta Sweet®200-700 kali lebih manis dari gula45
SukralosaSplenda®600 kali lebih manis dari gula23
NeotamNewtame®7,000-13,000 kali lebih manis dari gula23
AdvantamNo brand names20,000 kali lebih manis dari gula4,920

Acceptable daily intake adalah jumlah maksimal suatu zat yang bisa dikonsumsi dalam sehari selama seumur hidup seseorang tanpa risiko kesehatan yang berarti dan didasarkan pada asupan teritnggi uang tidak menyebabkan efek merugikan yang dapat diamati.

Foto oleh Mikhail Nilov: https://www.pexels.com/id-id/foto/gula-permen-lezat-salinan-ruang-8670449/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *