Jus Buah Tak Selalu Menyehatkan

Jus buah adalah produk yang diperoleh dari bagian buah yang dapat dimakan. Produk ini terbuat dari satu jenis buah atau kombinasi dari beberapa jenis buah.

Ada banyak jus buah kemasan dipasaran. Ada yang kemasan kotak dan botol. Apakah itu menyehatkan? Sayangnya, Anda harus benar-benar jeli mengamati komposisinya, karena tidak hanya mengandung buah, jus buah kemasan tersebut juga mengandung berbagai bahan tambahan termasuk gula.

Jus buah kemasan sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari. Berikut alasan mengapa jus buah kemasan sebaiknya tidak

  • Ada penambahan gula

Gula dalam sekotak jus buah  250 ml bisa mencapi 20 gram. Menurut Permenkes no. 30 tahun 2013, rekomendasi asupan gula harian adalah tidak lebih dari 50 gram. Asupan gula saat minum jus kotak sudah terpenuhi hampir 50%. Belum lagi asupan makanan dan miuman lain yang juga mengandung gula. hal ini berisiko membuat asupan gula dalam tubuh berlebih.

  • Pengurangan zat gizi

Proses pengolahan saat produksi jus buah seperti penghalusan, pengadukan dan pemanasan dapat mengurangi kandungan gizi jus buah tersebut.

  • Kehilangan sebagia serat

Saat pemrosesan jus buah, Sebagian besar kandungan serat dari buah segar hilang.

  • Menimbulkan risiko kesehatan

Jus buah yang mengandung tinggi gula akan diubah oleh hati menjadi lemak dalam tubuh, dan jika berlangsung terus menerus akan berdampak pada masalah kesehatan. Di antaranya pertambahan berat badan, diabetes, penyakit jantung, dan ginjal.

Foto oleh Charlotte May: https://www.pexels.com/id-id/foto/sehat-orang-tangan-minuman-5946611/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *