Tips Memilih dan Membeli Pangan Olahan Beku

Pangan olahan adalah makanan atau minuman hasil proses dengan cara atau metode tertentu dengan atau tanpa bahan tambahan. Sedangkan Pangan olahan beku (frozen food) merupakan pangan olahan yang diproduksi dengan menggunakan proses pembekuan dan dipertahankan tetap beku pada suhu -18°C sepanjang rantai distribusi dan penyimpanannya, contohnya seperti es krim. Proses penyimpanan pangan olahan pada suhu beku (minimal -18°C) merupakan salah satu metode memperpanjang masa simpan produk dengan cara menghambat pertumbuhan mikroba, reaksi enzimatis dan kimiawi sehingga produk tetap aman dan bermutu. Untuk mempertahankan rantai dingin, baik jenis pangan olahan beku maupun pangan olahan siap saji harus memenuhi Cara Peredaran Pangan Olahan yang Baik (CPerPOB).

Ada banyak sekali pangan olahan beku yang beredar di pasaran, seperti sosis, nugget, risol, donat, otak-otak, cireng, bakso, dan lainnya.

“Don’t judge a book by its cover”. Maksudnya adalah pilihlah produk pangan olahan beku yang ingin Anda beli dengan cer,at. Jangan hanya melihat kemasan dengan gambar-gambarnya yang apik.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai kemasan produk, yaitu: kondisi kemasan yang masih rapi, kondisi pengemasan yang vakum, serta tidak ada lubang atau bagian yang robek pada

kemasan. Kondisi penyimpanan beku terkadang membuat konsumen sangat sulit untuk melihat, apakah kemasan masih berada dalam keadaan baik atau tidak. Karena itu, konsumen perlu cermat dalam memilih produk yang akan dibeli.

Pilihlah produk olahan yang segar. Kondisi produk dapat dilihat pada kemasan, pilih produk yang kondisinya masih bagus (tidak hancur), tidak berair dan warnanya wajar. Handling yang tidak benar pada saat penerimaan barang oleh toko/retail dapat merusak produk, sehingga produk

hancur, atau bentuk berubah. Pada kemasan perhatikan juga labelnya. Pencantuman informasi nilai gizi, saran penyajian dan tanggal kedaluwarsa sangat penting dilakukan oleh para produsen untuk dapat memberikan informasi selengkap-lengkapnya pada konsumen.

Foto oleh Gustavo Fring: https://www.pexels.com/id-id/foto/makanan-wanita-hidangan-beku-4173326/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *