Semangka, Gizi dan Manfaatnya

Buah semangka kini mendapat perhatian lebih lantaran, viralnya cuplikan adegan dari sebuah sinetron yang memperlihatkan hidangan semangka goreng. Sebelumnya, buah semangka juga viral di sosial media Karena diolah menjadi aneka jenis minuman. Nah, sebenarnya apa ya kandungan gizi yang ada di dalam semangka? Dan Bagaimana sebaiknya semangka diolah?

Semangka bisa menjadi pangan sumber antioksidan dan vitamin dan mineral. Selain untuk membantu hidrasi pada tubuh, konsumsu semangka dapat mendukung dan menjaga kesehatan tubuh.

Rasa semangka yang manis dan mengandung banyak air sangat cocok untuk menghilangkan dahaga dan menghidrasi tubuh.  Buah semangka berukuran besar dengan daging berwarna merah dna tebal dengan kandungan antioksidan, vitamin A dan C yang banyak. Ada banyak manfaat konsumsi semangka, berikut di antaranya:

  1. Membantu tubuh tetap terhidrasi

Memastikan tubuh terhidrasi adalah penting agar fungsi tubuh berjalan optimal. Seperti fungsi meregulasi suhu tubuh, fungsi normal organ tubuh, dan pengantaran zat gizi ke seluruh sel. Semangka mengandung 92% air yang dapat membantu tubuh memenuhi kebutuhan air.

2. Mengandung aneka zat gizi

Semangka mengandung antioksidan seperti vitamin C, karotenoid, likopen, dan cucurbitacin. Komponen ini dapat menghambat radikal bebas yang ada dalam tubuh.

3. Mendukung kesehatan jantung

Zat gizi yang terkandung dalam semangka diketahui dapat mendukung kesehatan jantung. Penyakit jantung menjadi salah satu jenis penyakit yang paling banyak menyerang warga dunia selain stroke. Penelitian mengungkap bahwa likopaen dapat menurunkan tingkat kolesterol dan tekanan darah. Serta mencegah kerusakan oksidatif karena jumlah kolesterol.

4. Mencegah penyakit mata macular degeneratif

Likopen yang terkandung dalam semangka ternyata sangat bermanfaat utnuk membantu menjaga kesheatan mata, terutama untuk mencegah macular degenatif, meskipun masih banyak studi yang diperlukan untuk membuktikannya,

5. Membantu menjaga kesehatan kulit

Vimtian A dan C yang terkandung dalam semangka sangat penting untuk kesehatan kulit.

Buah semangka kaya akan vitamin dan mineral yang sebagian besar dapat rusak karena panas. Oleh karena itu, cara mengonsumsi yang paling baik adalah dalam keadaan segar.

Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/watermelon-health-benefits#TOC_TITLE_HDR_9

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6470521/

Foto oleh Pixabay: https://www.pexels.com/id-id/foto/fokus-dangkal-irisan-semangka-260426/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *