Boleh Tidak Belajar Sambil Ngemil?

Kata siapa ngemil sambil belajar itu tidak berfaedah Bu! Seorang dietisien, Jo Ellen Shield, MED RD LD dalam tulisannya di Eat Right mengungkap, ngemil saat belajar malah bisa menambah fokus anak. Ngemil saat belajar atau mengerjakan pekerjaan rumah itu sangat baik karena anak tetap mendapatkan kalori yang ia butuhkan saat belajar, sehingga rasa lapar yang bisa mengacaukan fokus tak akan datang.

Namun sayangnya, ‘menu’ camilan ini tidak mendapat perhatian khusus dari Para Ibu. Jika asal ngemil, tidak terkontrol jumlah dan jenisnya maka lama-kelamaan akan mengganggu selera makan anak. Ketika diatur dengan benar, maka camilan dapat membantu anak-anak mendapatkan energi dan gizi yang mereka butuhkan.

Sebagai panduan, ada beberapa hal yang perlu ibu lakukan sebelum menyiapkan camilan untuk menemani anak belajar, di antaranya:

  • Ukuran camilan mudah dimakan, sehingga anak tidak repot saat menyantapnya sambil belajar. Misal Ibu bisa menyajikannya dalam bentuk bite size jadi lebih mudah dimakan.
  • Pertimbangkan kandungan gizi dari camilan yang akan disiapkan. Jangan hanya sajikan camilan yang mengenyangkan namun rendah nutrisi.
  • Batasi dan pilihkan camilan yang tidak mengandung gula, garam, dan lemak dalam jumlah tinggi.

Sumber:

Foto oleh Oleksandr Pidvalnyi: https://www.pexels.com/id-id/foto/anak-laki-laki-melihat-meja-yang-rapi-2781814/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *