Ide Camilan untuk Menemani Anak Belajar

Jadi, untuk membekali anak yang akan belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah, berikut 6 camilan menyehatkan yang bisa Ibu sajikan:

Kacang almond

Kacang almond mengenyangkan juga menyehatkan. Segenggam kacang almond dapat meningkatkan level energi anak dengan cepat. Pilih kacang almond tanpa tambahan garam ya Moms! Jika anak kurang suka kacang almond, maka kacang tanah, kacang mete, walnut atau pistachio juga bisa menjadi pilihan.

Popcorn

Sangat mudah membuat popcorn. Ibu hanya perlu memanaskan jagung popcorn diatas panci yang sudah diberi minyak sayur atau butter. Ibu bisa juga menambahkan bubuk kayu manis, keju atau karamel pada popocorn untuk memberikan sedikit rasa. Berbahan utama biji jagung, popcorn dikategorikan ke dalam jenis whole grain yang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, karena mengandung vitamin, mineral dan antioksidan polifenol. Selain itu popcorn mengandung serat tinggi yang dapat membuat anak merasa kenyang lebih lama.

Salad buah

Semangkuk salad buah mungkin bisa menyegarkan pikiran anak yang sedang ‘pusing’ belajar. Potong buah apel, jeruk, anggur, stroberi, bluberi, kiwi dan nanas lalu Moms satukan dalam sebuah mangkuk.  Tambahkan yoghurt, es krim, atau madu sebagai sausnya. Salad buah menyediakan energi untuk otak dan memberikan vitamin, mineral dan serat untuk tubuh.

Segelas susu

Konsumsi susu diketahui dapat meningkatkan peforma akademik anak lho Bu! Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitiaan yang diterbitkan dalam Jurnal Nutrition Research and Practice yang menyebutkan, minum susu lebih dari 150 g per hari dihubungkan dengan motivasi anak untuk belajar. Selain mengandung asam amino lengkap, susu juga mengandung vitamin dan mineral seperti magnesium yang membantu mempertajam daya ingat.

Yoghurt

Yoghurt mengandung protein yang dapat mengenyangkan perut. Selain itu yoghurt juga dilengkapi dengan kalsium dan probiotik yang dapat membantu menguatkan tulang dan menyehatkan saluran cerna. Untuk penambah rasa, Moms bisa tambahkan madu atau bisa juga dicampurkan pada salad buah.

Biji-bijian

Selain kacang, jika anak suka, Ibu bisa coba sajikan biji-bijian untuk menemani anak belajar. Biji-bijian seperti biji labu, biji bunga matahari, pecan, kacang almond, mete, cranberries kering, kismis, kurma dan buah kering lainnya bisa Moms campur (mixed). Simpan biji-bijian tersebut dalam toples tertutup, jadi memudahkan anak untuk mengambilnya. Biji-bijian kaya protein, kalori, serat, vitamin, mineral, juga lemak yang sangat dibutuhkan oleh anak untuk belajar.

Jadi, sudah ada gambaran mengenai jenis camilan yang akan Ibu siapkan untuk menemani anak belajar nanti? Usahakan untuk selalu memberikan pangan menyehatkan dan bergizi untuk mengoptimlkan proses belajarnya ya Bu!
Sumber:

Foto oleh Pixabay: https://www.pexels.com/id-id/foto/fotografi-fokus-selektif-popcorn-33129/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *