Yuk, Jadikan Dapur Selalu Bersih dan Rapi!

 

Penting lho Bu untuk tetap menjaga meja dapur, talenan dan alat masak lainnya tetap bersih supaya bakteri tidak mudah tumbuh dan menyebar.

Meja dapur
Memastikan meja dapur dan talenan bersih sangat penting. Hal ini karena kedua barang tersebut yang bersentuhan langsung dengan makanan yang akan Anda konsumsi. Jika tidak benar-benar bersih maka bakteri bisa menyebar ke makanan dan membuat Anda sakit.

 

Yang perlu dilakukan:
– Selalu membersihkan atau mencuci meja dapur dan talenan sebelum Anda menyiapkan makanan. 
– Segera bersihkan jika ada ceceran makanan.
– Cuci segera talenan setelah bersentuhan/digunakan untuk menyiapkan bahan pangan mentah seperti daging unggas, daging sapi, sayuran dan telur mentah. 
– Tidak meletakkan pangan siap makan seperti salad siap makan, roti, buah di atas talenan yang baru saja digunakan untuk menyiapkan bahan pangan mentah. 
– cuci talenan dengan air hangat untuk membunuh bakteri-bakteri yang menempel. 

Serbet
Serbet yang kotor dan lembab adalah tempat ternyaman bagi bakteri untuk berkembang biak. Jadi, pastikan serbet Anda selalu bersih ya Bu! Idealnya gunakan serbet yang berbeda untuk mengelap ceceran bahan mentah dengan bahan matang. Untuk praktisnya Anda bisa menggunakan tisu dapur sekali pakai. 

Pisau, sendok dan alat lainnya
Pastikan pisau, sendok kayu, spatula dan tong penjepit bersih untuk mencegah penyebaran bakteri ke makanan. Penting untuk selalu mencuci alat tersebut segera setalah digunakan untuk menyiapkan bahan pangan mentah. Anda juga bisa mencucinya dengan air panas Bu. 

Tangan
Tangan adalah perantara penyebaran bakteri yang paling baik, jadi pastikan tangan Anda selalu bersih ya Bu! Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin, seperti

– Saat sebelum menyiapkan makanan
– Setelah memegang/menyiapkan bahan pangan mentah
– Setelah dari toilet
– Setelah menyentuh tempat sampah
– Setelah menyentuh hewan peliharaan. 
Keringkan tangan dengan baik karena tengan yang basah dapat menyebabkan penyebaran bakteri lebih mudah. 

Sumber:

– https://www.nidirect.gov.uk/articles/keeping-your-kitchen-clean
Foto oleh Lukas: https://www.pexels.com/id-id/foto/pisau-dapur-952478/
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *