Jangan Simpan Kentang Di Dalam Kulkas! Ini Bahayanya

Ternyata ada bahaya yang mengintai jika kita menyimpan kentang dalam kulkas lho Bu!
Kentang merupakan pangan sumber karbohidrat yang bisa menjadi alternatif pengganti nasi. Penyajiannya bisa dikukus, rebus atau goreng.Kentang kaya vitamin C dan zat gizi lainnya. Umur simpan kentang bisa mencapai 1 bulan dalam suhu yang sejuk. Jika disimpan dalam suhu kamar/ruang, paling baik jika dikonsumsi dalam waktu 1-2 minggu. Setelah dimasak, maka kentang bisa disimpan dalam suhu kulkas untuk dikonsumsi tidak lebih dari 3 hari.

Tempat terbaik untuk menyimpan kentang mentah adalah pada tempat sejuk dan kering, namun sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas (suhu chiller 0-5oC). Menyimpan kentang di dalam kulkas dapat meningkatkan kandungan gula dan memicu peningkatan senyawa kimia bernama akrilamida jika kentang dipanggang, digoreng atau dibakar pada suhu yang tinggi.

Sebaiknya ibu tidak menyimpan kentang mentah pada suhu freezer. Hal ini karena kandungan air di dalam kentang akan menyebar dan membentuk kristal sehingga dapat menghancurkan dinding sel kentang. Hal ini menyebabkan kentang akan bertekstur lembek berair dan tidak kokoh saat di-thawing (dicairkan).

Kentang mentah juga akan berubah warna menjaci kecokelatan saat terpapar udara di dalam freezer. Hal ini karena enzim yang menyebabkan pencokelatan (browning) masih aktif meski disimpan dalam suhu beku. Lain halnya jika kentang sudah dalam keadaan matang atau setengah matang, karena proses pemasakan dapat menonaktifkan enzim yang menyebabkan perubahan warna ini.

Lindungi kentang dari sinar secara langsung karena hal ini dapat menyebabkan kulit kentang memproduksi klorofil, dan mengubah kentang menjadi warna kehijauan. Paparan sinar matahari secara langsung pada kentang menyebabkan produksi zat kimia berbahaya dalam jumlah banyak bernama solanin. Banyak orang yang menolak mengonsumsi kentang kehijauan karena khawatir dengan kandungan solanin ini. Solanin menyebabkan rasa pahit dan sensasi mulut atau ternggorokan terbakar pada orang sensitif yang mengonsumsi kentang. Solanin juga berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Tips menyimpan kentang agar awet

Saat disimpan, kentang memerlukan sirkulasi udara yang baik untuk mencegah terjadinya kelembapan yang bisa menyebabkan kerusakan. Nah, menyimpan kentang dalam paper bag atau wadah terbuka adalah pilihan yang tepat. Hindari menyimpan kentang mentah dalam wadah berpenutup. Tanpa sirkulasi yang baik, kelembapan yang dikeluarkan kentang akan berkumpul dalam wadah sehingga dapat memicu pertumbuhan jamur dan bakteri.Sebaiknya kentang tidak dicuci sebelum disimpan. Meskipun terlihat kotor, kentang yang tidak dicuci sebelum disimpan membuatnya dapat disimpan lebih lama. Mencuci kentang dapat menambah kelembapan dan memiciu terjadinya pertumbuhan jamur dan bakerti. Cuci kentang sesaat sebelum dgunakan. Gunakan sikat sayuran untuk menghilangkan kotoran yang menempel di kulit kentang.

Sumber:

• https://www.nidirect.gov.uk/articles/storing-food-safely-potatoes
• https://www.healthline.com/nutrition/how-to-store-potatoes#TOC_TITLE_HDR_7
• https://www.webmd.com/food-recipes/how-to-keep-potatoes-fresh-for-longer
Foto oleh Michael Burrows: https://www.pexels.com/id-id/foto/makanan-sehat-pertanian-kabur-7129145/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *