Sarapan Penting, Namun Perhatikan Menunya

Sarapan penting untuk dilakukan, hal ini karena sarapan bisa menjadi sumber energi atau penyedia bahan bakar bagi tubuh untuk beraktivitas hingga siang hari. Sarapan pagi tidak akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh, karena digunakan untuk beraktivitas.

Selain itu, sarapan juga menjadi sumber energi bagi otak, sehingga membantu meningkatkan konsentrasi dan fungsi kognitif. Sebaliknya jika tidak sarapan maka fungsi kognitif otak berkurang.

Sarapan penting untuk tubuh karena dapat memberikan energi, nutrisi, dan menjaga kesehatan:

  • Energi: Sarapan pagi dapat menjadi bekal energi untuk beraktivitas seharian.
  • Gizi: Sarapan dapat memenuhi kebutuhan gizi harian, seperti karbohidrat kompleks, protein, vitamin, cairan, lemak, dan serat.
  • Kesehatan: Sarapan dapat meningkatkan stamina kerja, konsentrasi belajar, kenyamanan kerja dan belajar, mencegah konstipasi, hiperglikemia, pusing, dan gangguan kognitif. Sarapan juga dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit, meningkatkan kemampuan kognitif otak, dan menjaga dan menurunkan berat badan.

Sarapan idealnya dilakukan antara jam 6-9 pagi, dengan jam 7-8 yang paling baik, namun bisa disesuaikan dengan aktivitas. Jangan sampai lewat jam 9 karena sudah masuk persiapan pemenuhan kebutuhan makan siang.

Menu sarapan, sebaiknya tidak sembarangan. Ikuti rekomendasi dar Kementerian Kesehatan, yakni sajikan menu gizi seimbang. Menu sarapan sederhana saja, namun tetap memenuhi rekomendasi dari pemerintah supaya kebutuhan gizi si kecil terpenuhi dengan optimal. Hindari memberikan menu sarapan tinggi gula seperti kue-kue, roti, minuman manis, dan mie.

Menu sarapan anak yang bergizi dapat meningkatkan memori dan konsentrasi saat belajar. Berikut adalah beberapa pilihan menu sarapan anak yang bergizi:

  • Telur: Aneka hidangan telur, seperti telur omelet, orak-arik telur, muffin telur, dan sate telur dan sayur.
  • Susu: Susu dan produk susu lain seperti yogurt, yang merupakan sumber protein, kalium, kalsium, dan vitamin D
  • Oatmeal: Overnight oat, oatmeal dan potongan buah, oatmeal buah, oatmeal panggang, dan havermut
  • Buah dan sayur: Salad buah dan sayur, pancake oatmeal pisang, dan nasi goreng sayuran
  • Ikan: Ikan kembung goreng, mangut lele tidak pedas, pesmol ikan mas, pepes ikan nila.
  • Lain-lain: Roti lapis isi keju dan selai kacang, sandwich isi telur, sereal dan susu, dan scrambled egg

Foto oleh Gerald Jake Abangan: https://www.pexels.com/id-id/foto/irisan-babi-goreng-dan-telur-untuk-sarapan-2689421/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *