Dampak Puasa Ramadan pada Tubuh

Ramadan adalah waktu khusus untuk refleksi, perbaikan diri, meningkatkan kebaikan dan spiritualitas. Berikut adalah beberapa dampak positif puasa bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda:

Mengatur kolesterol ‘jahat’

Tak sedikit muslim berpuasa dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Namun, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa puasa juga mempengaruhi profil lipid dalam tubuh Anda. Berpuasa dapat menurunkan kolesterol darah sehingga menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit lainnya.

Menahan nafsu makan

Dengan melaksanakan puasa Ramadan dapat membuat gaya hidup dan sistem pencernaan menjadi lebih optimal. Saat tubuh Anda terbiasa makan lebih sedikit, sistem pencernaan mendapat kesempatan untuk beristirahat dan perut Anda secara bertahap menyusut ukurannya. Secara tidak langsung hal ini dapat mengurangi nafsu makan.

Detoks selama sebulan

Puasa tidak hanya menggunakan cadangan lemak tubuh, tetapi juga membersihkan tubuh dari racun berbahaya yang mungkin ada dalam timbunan lemak. Dengan perbaikan sistem pencernaan selama sebulan, tubuh secara alami mendetoksifikasi, memberi Anda kesempatan untuk melanjutkan gaya hidup yang lebih sehat setelah Ramadan.

Selain itu, Puasa Ramadan juga meningkatkan suasana hati dan kejernihan mental.

Puasa bisa menjadi metode ‘supercharging’ otak, meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak baru, yang pada gilirannya mempertajam respon terhadap informasi di dunia sekitar kita. Studi juga menunjukkan bahwa puasa juga dapat membuat otak lebih tahan terhadap stres, lebih mudah beradaptasi dengan perubahan, dan dapat meningkatkan mood, memori, dan bahkan kapasitas belajar.

Sumber:

  • https://www.clevelandclinicabudhabi.ae/en/health-byte/pages/how-ramadan-can-boost-your-health-and-wellbeing.aspx#:~:text=Fasting%20not%20only%20uses%20your,a%20healthier%20lifestyle%20beyond%20Ramadan.

Foto oleh Thirdman: https://www.pexels.com/id-id/foto/makanan-wanita-coklat-meja-kayu-7956644/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *