Anakku Doyan Jus Buah

Anda yakin, bahwa sekotak minuman jus buah yang Anda berikan pada si buah hati menyehatkan?

Dikutip dari situs Biotek LIPI, sebuah studi mengatakan bahwa jus buah dapat membuat berat badan naik, terutama pada anak yang memilki potensi kegemukan. Bahkan, beberapa studi yang lalu juga membuktikan bahwa anak-anak yang mengonsumsi jus buah yang rasanya manis berpotensi untuk menderita kegemukan. American Academy of Pediatrics menyarankan agar anak dibatasi minum jus buahnya. Anak berusia 1-6 tahun sebaiknya minum jus tidak lebih dari 4-6 gelas per hari.
Jus buah tidak sama dengan buah asli. Jus buah didefinisikan sebagai jus murni yang umumnya mengandung air, karbohidrat (gula), mineral, vitamin dan kalsium. Kandungan gula dalam jus buah sangat besar. Semakin banyak anak minum jus buah, maka bobot tubuhnya juga akan semakin berat. Berbeda dengan anak yang gemar makan buah, bobot badannya malah susut. Hal ini yang membuat orang tua kadang terkecoh, karena selama ini mungkin menganggap bahwa jus buah sama sehatnya seperti buah itu sendiri.

Minuman jus buah yang banyak beredar di pasaran memang terbuat dari sari buah, namun jus buah itu berkalori tinggi, dan terkadang mengandung pemanis buatan dan lainnya. Untuk itu ibu harus lebih cermat memilih asupan yang terbaik untuk si kecil.
Berikut rekomendasi dari American Academy Prediatics mengenai saran konsumsi jus buah untuk anak:

  • Sebaiknya jus buah tidak diberikan pada anak yang berumur dibawah 6 bulan
  • Untuk anak usia 1 sampai 6 tahun , konsumsi jus harus dibatasi sebanyak 4-6 ons per hari (kira-kira 110-165 ml per hari).
  • Untuk anak usia 7 sampai 18 tahun, konsumsi jus harus dibatasi sebanyak 8-12 ons per hari (kira-kira 230-330 ml per hari).
  • Konsumsi buah-buahan segar sangat dianjurkan untuk anak.

Pemberian jus buah dalam jumlah yang tepat untuk bayi dan anak dapat memberikan efek kesehatan yang baik bagi anak, tetapi jika konsumsi jus buah dalam jumlah yang berlebih akan menyebabkan malnutrisi, diare, berbabagai penyakit perut, dan pengeroposan gigi (American Academy Pediatrics). Air dan susu adalah minuman terbaik dan menyehatkan untuk anak. Jika anak sudah terlalu candu dengan yang namanya jus buah, ibu secara perlahan bisa mengurangi konsumsinya dengan cara menambahkan air kedalam jus buah, tanpa si kecil perlu tahu apa yang ibunya lakukan terhadap jus buah kesukaannya. Fitria

Foto oleh Bruno Scramgnon: https://www.pexels.com/id-id/foto/gelas-isi-kocok-semangka-disamping-irisan-buah-semangka-di-permukaan-coklat-1337825/