Makanan sehat untuk otak anak

Banyak sekali jenis bahan makanan yang baik untuk perkembangan otak si kecil. Sangat penting mengonsumsi berbagai makanan untuk perkembangan otak si kecil, karena otak merupakan organ pertama yang menyerap zat gizi. Mengonsumsi makanan yang baik untuk otak dapat menyehatkan fungsi otak, menambah konsentrasi , serta daya ingat.

Diantara sekian banyak makanan sehat, ada beberapa yang paling bermanfaat untuk kerja otak anak. Berikut ini merupakan makanan yang baik dikonsumsi untuk mendukung kesehatan otak :

  • Salmon. Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 paling tinggi diantara ikan yang lain. Dengan mengonsumsi salmon dapat melindungi syaraf-syaraf otak anak agar tidak rapuh. Sehingga memiliki daya ingat yang lebih lama. Mengolah salmon sebaiknya jangan di goreng untuk meminimalkan kerusakan gizinya.
  • Telur. Telur  dapat membantu perkembangan “IQ” (intelligence quotient) pada anak. Telur sangat penting dikonsumsi oleh anak usia sekolah. Mengonsumsi dua butir telur setiap hari dapat membantu perkembangan IQ anak. Telur merupakan sumber yang kaya akan protein dan zat gizi penting khususnya vitamin D, B12, dan kolin.
  • Kacang-kacangan. Kacang merupakan sumber vitamin E yang baik untuk tubuh. Vitamin ini merupakan zat anti oksidan yang diperlukan untuk melindungi sel syaraf. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan protein.
  • Oat. Mengonsumsi oats dapat memberikan energi yang sangat baik untuk otak yang pertama kali dibutuhkan oleh anak-anak pada waktu pagi hari. Oats juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, dan potassium yang membuat kerja otak berfungsi penuh dan maksimal. Saat ini oats sudah sangat mudah ditemukan. Banyak sekali dijual di supermarket dengan aneka varian rasa yang menarik untuk dikonsumsi anak.
  • Aneka berry. Raspberry, blueberry, strawberry, merupakan golongan berry yang sering dikonsumsi saat ini. Berry mengandung antioksidan tinggi khususnya vitamin C. Biji dan buah berry memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan otak anak.
  • Sayuran. Begitu banyak jenis sayuran dengan berbagai warna yang sering ditemukan. Wortel, tomat, ubi, bayam, labu kuning, buncis, merupakan aneka sayuran dengan aneka warna yang menarik. Sayuran dengan warna cerah ini merupakan sumber antioksidan paling baik untuk menjaga sel otak anak menjadi lebih kuat dan sehat.
  • Susu dan yoghurt. Produk susu kaya akan protein dan vitamin B. Protein dan vitamin ini penting untuk pertumbuhan jaringan otak. Mengkonsumsi susu dan yoghurt dapat membuat perut kenyang dan dapat menjadi sumber energi yang baik untuk otak. Riefa

Foto oleh Valeria Boltneva: https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-close-up-dari-three-sushi-1148086/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *