Peralatan Makan Berbahan Silikon, Amankah?

Alat makan, wadah penyimpanan, hingga dot bayi kini berbahan silikon. Sama seperti plastik, perlengkapan berbahan silikon bersifat ringan dan anti pecah. Namun apakan perlengkapan silikon terebut aman digunakan?

Selain plastik dan silikon, melamin, kaca, juga steinless steel kerap digunakan sebagai bahan untuk membuat beragam peralatan dan perlengkapan makan dan minum. Ternyata bahan silikon dan stainless steel adalah bahan yang paling aman untuk digunakan, termasuk untuk perlengkapan makan anak.

Bahan silikon banyak dipilih karena lunak dan tidak melukai bayi. Namun, amankah menggunakan peralatan makan yang terbuat dari silikon?

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Indonesia, telah menyatakan silikon sebagai food-safe substance yang berarti bahan yang aman digunakan untuk peralatan makan.

Peralatan makan berbahan silikon merupakan bahan yang tahan panas, aman untuk disimpan di dalam freezer, dan aman untuk digunakan di dalam oven.

Silikon food grade juga sangat fleksibel, ringan, mudah dibersihkan, higienis karena tidak memiliki pori yang dapat ditempati bakteri dan memiliki sifat hipoalergenik. Peralatan berbahan silikon juga aman dan tahan dipanaskan hingga lebih dari suhu 200oC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *