Hati-Hati Growth Faltering, Ini Cara Mencegahnya

Growth faltering adalah kondisi dimana pertumbuhan fisik anak lebih lamban dibandingkan dengan anak seusianya. Growth faltering umum terjadi pada anak usia 0-5 tahun, namun paling sering terjadi pada usia di bawah 2 tahun. Tanda anak mengalami growth faltering adalah terjadi perlambatan laju pertumbuhan yang menjurus ke arah penurunan grafik atau pelandaian grafik (penurunan arah garis pertumbuhan weight-for-age).

Penyebab terjadinya growth faltering adalah ketidakseimbangan asupan gizi dengan kebutuhan energi yang diperlukan anak untuk tumbuh kembang.

Dampak jangka pendek dari growth faltering adalah terganggunya respon imun, meningkatkan risiko infeksi dan kematian bayi. Growth faltering yang kontinu dapat menyebabkan gangguan pada pertumbuhan selanjutnya, perkembangan kognitif dan psikomotor, aktivitas fisik, perilaku, dan kemampuan belajar. Zat gizi yang adekuat sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi terutama dalam dua tahun pertama kehidupannya (periode emas). Oleh karena itu, terjadinya growth faltering memiliki efek jangka panjang yaitu gangguan emosional dan intelektual, risiko penyakit kronis, sindroma metabolik, dan penyakit makrovaskular pada usia paruh baya.

Growth faltering akut ditunjukkan dengan adanya penurunan arah garis pertumbuhan weight-for-age sedangkan panjang atau tinggi badan dapat normal. Di Indonesia, arah garis pertumbuhan ini dapat dilihat dalam Kartu Menuju Sehat (KMS) yang terdapat dalam Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Pertumbuhan balita dapat diketahui apabila setiap bulan ditimbang, hasil penimbangan dicatat di KMS, dan antara titik berat badan KMS dari hasil penimbangan bulan lalu dan hasil penimbangan bulan ini dihubungkan dengan sebuah garis. Rangkaian garis-garis pertumbuhan anak tersebut membentuk grafik pertumbuhan anak.

Upaya anak terhindar dari growth faltering, berikut rahasia untuk mencegahnya:

  • Lakukan inisiasi menyusui dini (IMD) satu jam setelah bayi lahir
  • ASI ekslusif selama 6 bulan
  • Pemberian MPASI yang tepat
  • Pemberian ASI lanjutan hingga 2 tahun

Pemberian ASI eksklusif dan MP-ASI yang baik dan benar sangat diperlukan untuk mencukup kebutuhan nutrisi bayi yang semakin meningkat seiring bertambahnya usia.

Foto: https://gutsandgrowth.com/tag/failure-to-thrive/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *