Kandungan Gizi dan Manfaat Udang

Udang, bahan pangan sumber protein hewani yang mudah didapat. Nilai kalori udang rendah, namun kaya zat gizi lainnya. Seperti vitamin B12 yang membantu pembentukan sel darah merah dan menjaga fungsi sistem syaraf. Selain itu juga mengandung selenium yakni mineral yang dapat membantu menjaga kerusakan sel.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan untuk tubuh, pemerintah (KKP) dan American Heart Association merekomendasikan konsumsi ikan setidaknya 2 kali dalam seminggu.

Sebanyak 10 buah udang matang ukuran medium mengandung 9 gram protein. Protein terdiri dari asam amino yang diperlukan untuk pertumbuhan. Setiap sel dalam tubuh manusia mengandung protein. Protein dibutuhkan tidak hanya untuk membuat sel-sel baru namun juga dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak.

Kandungan zinc pada udang dapat membantu mendukung Kesehatan sistem imun, membantu penyembuhan luka, dan mengoptimalkan pemecahan karbohidrat. Zink juga dibutuhkan untuk mengomptimalkan kerja indrea perasa dan penciuman.

Udang juga mengandung vitamin E yang bersifat antioksidan yang membantu melindungi sel dan jaringan yang sehat dari kerusakan yang dapat menyebabkan penuaan bahkan penyakit. Vitamin E juga dapat membantu menguatkan sitem imun dalam melawan bakteri dan virus, membantu produksi sel darah merah, dan memperlebar aliran darah sehingga dapat mencegah pembentukan gumpalan darah.  

Tidak hanya kaya protein, berikut kandungan gizi dalam 100 gram udang segar

Air (Water) : 75.0 g
Energi (Energy) : 91 Kal
Protein (Protein) : 21.0 g
Lemak (Fat) : 0.2 g
Karbohidrat (CHO) : 0.1 g
Serat (Fibre) : 0.0 g
Abu (ASH) : 3.7 g
Kalsium (Ca) : 136 mg
Fosfor (P) : 170 mg
Besi (Fe) : 8.0 mg
Natrium (Na) : 178 mg
Kalium (K) : 222.4 mg
Tembaga (Cu) : 0.30 mg
Seng (Zn) : 1.3 mg
Retinol (Vit. A) : 18 mcg
Beta-Karoten (Carotenes) : 4 mcg
Thiamin (Vit. B1) : 0.01 mg
Riboflavin (Vit. B2) : 0.40 mg
Niasin (Niacin) : 3.7 mg
Vitamin C (Vit. C) : 0 mg
Sumber: Data Komposisi Pangan Indonesia

Tahukah bu jika udang juga mengandung asam lemak omega-3, meskipun jumlahnya tak sebanyak dari ikan lainnya. Udang juga mengandung astaxantin, yakni pigmen berwarna jingga. Senyawa ini bersifat antioksidan. Antioksidan astaxantin ini dapat membantu mengurangi stress oksidatif yang dapat merusak sel sehingga menyebabkan terjadinya beberapa penyakit.

Ada banyak manfaat dan kandungan udang namun, udang juga memiliki kekurangan, seperti adanya kandugan logam dan mikroplastik pada udang, serta kemungkinan risiko terjadinya alergi.

Sumber:
Healthline

WebMD

Foto oleh Dana Tentis: https://www.pexels.com/id-id/foto/tiga-udang-dimasak-di-kaleng-725992/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *