Boleh ngga sih Bayi Makan Durian?

Anda suka buah durian Bu? Rasanya yang legit serta tekstur buahnya yang lembut membuat durian menjadi buah primadona bagi sebagian masyarakat Indonesia. Biasanya musim durian terjadi saat musim panas di beberapa daerah.

Tidak seperti jenis buah lainnya, buah durian mungkin memang jarang sekali diberikan untuk bayi ya, Bu, namun tak mustahil jika ada saja ibu yang memberikan buah durian untuk bayinya. Lalu sebenanrya boleh ngga sih bayi makan buah durian?

Sama seperti jenis buah lainnya, durian kaya zat gizi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Durian kaya air, karbohidrat dan serat. Selain itu, durian juga mengandung lemak dan protein. Ada juga beberapa vitamin B dan C, kalsium, zat besi, sodium, potasium, dan seng meski jumlahnya tidak terlalu banyak. Namun sebaiknya pemberian durian ditunda hingga usia bayi mencapai 1 tahun ya Bu. Pemberian pun hanya sebatas pengenalan, tidak dalam jumlah banyak. Misal banyaknya hanya sebesar 1-2 ruas jari saja atau hanya sekadar untuk icip-icip.

Lebih unk dari jenis buah lainnya, kandungan gula dalam buah durian cukup tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya bayi usia kurang dari 1 tahun tidak diberi buah durian. Bayi usia di bawah 1 tahun sebaiknya dibatasi atau tidak mengonsumsi pangan tinggi gula dan tinggi garam, karena ginjal bayi nantinya akan bekerja dengan keras jika kadar gula (atau garam) dalam tubuh berlebihan. Pemberian makanan manis berlebih juga memunculkan risiko obesitas dan diabetes.

Selain itu, durian kaya serat dan mengonsumsi pangan tinggi serat dapat memunculkan masalah pencernaan seperti kembung dan konstipasi. Daging buah durian meski lembut namun berserat. Jika diperhatikan, seratnya cukup panjang. Bayi yang belum mempunyai gigi tidak dapat menguyah durian, dan hal ini bisa menimbulkan risiko tersedak.

Jika ibu mulai mengenalkan durian, perhatikan kondisi anak setelah makan durian, apakah anak menjadi rewel, diare, atau bahkan muntah. Dan tunda pemberiannya hingga usianya lebih dari 1 tahun. Segera hubungi dokter jika timbul keluhan.

Foto oleh HONG SON: https://www.pexels.com/id-id/foto/kuning-vegetarian-penuh-warna-hijau-4487992/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *