Mau Punya Anak Cerdas, Ini Kuncinya

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi yang terbaik di sekolah. Tahukah Bu di antara banyak faktor penentu kepintaran seorang anak, ada satu faktor yang bisa kita optimalkan? Jawabannya adalah pemenuhan gizi anak dengan tepat. Pangan yang tepat dapat membantu mengoptimalkan kerja otak anak lho!

Otak adalah organ yang sangat ‘rakus’. Organ pertama yang menyerap zat gizi dari makanan yang kita makan adalan otak. Menurut Bethany Thayer, MS, RD, a Detroit nutritionist and spokeswoman dari the American Dietetic Association (ADA), yang dikutip dari situs WebMD, jika hanya junk food yang kita makan, maka secara tidak langsung kita akan membuat otak ‘menderita’.

Nutrisi untuk otak juga sangat dibutuhkan oleh anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Asupan yang tepat untuk otak sangat membantu pertumbuhan otak anak, meningkatkan fungsi otak, ingatan dan konsentrasi.

Mau anak kita masuk ke dalam deretan siswa berprestasi, Bu? Yuk, beri asupan yang tepat untuk otak!
1. Telur

Telur adalah sumber protein. Selain itu di dalam kuning telur mengandung kolin yang membantu mempertajam ingatan. Protein dan nutrisi yang tergantung dalam telur membantu anak untuk berkonsentrasi lebih baik.

2. Yoghurt

Lemak sangat penting untuk kesehatan otak. Yoghurt yang terbuat dari susu utuh (whole milk) mengandung protein dalam jumlah cukup yang dapat membantu menjaga kesehatan sel otak dalam melaksanan tugasnya mengirim dan menerima informasi.

3. Sayuran hijau

Kaya akan asam folat dan vitamin lainnya, bayam dan kale dapat mencegah risiko terjadinya demensia di usia lanjut. Kale mengandung antioksidan yang membantu sel baru pada otak untuk tetap tumbuh.

4. Ikan

Ikan merupakan pangan sumber vitamin D dan omega-3 yang dapat melindungi otak dari risiko penurunan kemampuan mental dan hilang ingatan. Salmon, tuna dan sardin bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan omega-3 pada anak. Semakin banyak omega-3 yang didapat oleh otak, maka otak pun akan berfungsi lebih baik dan anak pun akan lebih fokus.

5. Kacang dan bebijian

Mengandung protein, asam lemak esensial, vitamin dan mineral, kacang dan bebijian dapat membuat mood lebih baik, juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem syaraf.

6. Oatmeal

Protein kaya protein dan serat yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan arteri pada otak. Dalam sebuah studi disebutkan, sorang anak yang mengonsumsi oatmeal yang diberi rasa manis memiliki ingatan lebih baik saat belajar di sekolah dibandingkan dengan anak yang mengonsumsi sereal manis.

7. Buah apel dan plum

Kecenderungan anak-anak adalah suka ngemil makanan manis, terutama saat mereka merasa sedang lesu atau bosan. Nah, daripada ngemil makanan yang banyak mengandung gula, coba beri dia apel. Apel mengandung antioksidan quercetin yang dapat membantu melawan penurunan kemampuan mental.

8. Selai kacang

Bu, ternyata selai kacang dapat membantu mengoptimalkan kerja otak, lho! Kacang dan selai kacang mengandung vitamin E, yakni antioksidan yang melindungi syaraf membran, serta mengandung tiamin yang dapat membantu otak dan sistem syaraf menggunakan glukosa untuk energi.

Sumber:

Foto: Laki Laki Mengenakan Kemeja Dan Celana Pendek Di Jalan · Foto Stok Gratis (pexels.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *