Gizi dan Manfaat Ikan Gabus

Ikan gabus (Chana striata) kerap dijadikan ‘obat’ alternatif untuk mempercepat penyembuhan luka. Benarkah ikan gabus berkhasiat sebagai penyembuh luka?

Ikan gabus merupakan ikan air tawar yang mudah ditemukan. Ikan gabus juga kerap diolah menjadi berbagai masakan lokal. Tak hanya mengandung zat gizi lengkap, ternyata ikan gabus memiliki keunggalan lain yakni juga bersifat farmakologi. Ikan gabus dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan membantu proses pemulihan pada orang yang sakit.

Kandungan yang ada pada ikan gabus telah terbukti secara klinis pada beberapa penyakit. Ikan gabus memiliki kandungan protein yang tinggi terutama albumin dan asam amino esensial, lemak esensial, mineral seperti zink dan beberapa vitamin yang baik untuk mendukung kesehatan.

Albumin adalah jenis protein yang bertanggung jawab terhadap proses penyembuhan penyakit terutama yang disebabkan karena berkurangnya jumlah protein darah seperti luka bakar, patah tulang, luka pasca operasi hingga infeksi paru. Albumin juga banyak digunakan untuk perbaikan gizi. Albumin secara alamiah banyak ditemukan pada hewan seperti ikan. Menurut beberapa penelitian, ikan gabus memiliki kandungan albumin terbanyak dibandingkan dengan jenis ikan lainnya

Asam amino dan asam lemak ditemukan dalam jumlah tinggi pada ikan gabus, dan hal ini berkontribusi pada kemampuan ikan gabus dalam proses penyembuhan luka. Jenis asam amino yang terkandung dalam ikan gabus adalah glisin, lisin, dan arginin. Sedangkan kandungan asam lemaknya yakni asam arakhidonat, asam palmitat dan DHA.

Selain digoreng ikan gabus banyak diolah menjadi berbagai masakan seperti untuk pempek, bakso, mugget, pepes, masakan Pallu Kacci (bugis-makassar), Pakumpe (Makassar) Nasu Parape (Bugis), dan Woku (Gorontalo).

 

Sumber:

  • Potensi Ikan Gabus (Channa Striata) Sebagai Sumber Makanan KesehatanRevie. 2014. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri Ii 2014
  • Therapeutic potential of the haruan (Channa striatus): from food to medicinal uses. 2012. Malays J. Nutr.
  • Efektivitas Ekstrak Ikan Gabus (Channa Striata) Terhadap Penyembuhan Luka Akibat Penyakit Periodontal. 2020. Skripsi

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *