Khasiat Tempe Berdasarkan Penelitian

Tempe berperan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, karena tempe mempunyai kandungan protein dan seng yang tinggi. Protein dan seng merupakan zat gizi yang berperan untuk pertumbuhan. Konsumsi tempe juga dapat mendukung kecerdasan karena tempe mengandung as am lemak esesnsial yaitu asam oleat dan linolenat. 

Tempe dapat mengatasi anemia karena mengandung zat besi, seng, protein, vitamin B12 dan asam folat yang cukup. Tempe dapat mengatasi gangguan saluran cerna seperti diare. Tempe mengandung zat antimikroba aktif yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri gram positif sehingga dapat memperbaiki gangguan pencernaan seperti kegagalan pencernaan dan absorbsi zat gizi. Tempe dapat memelihara kesehatan jantung.

Dibandingkan dengan bahan makanan sumber protein hewani, tempe mengandung lemak total yang lebih rendah namun memiliki lemak tidak jenuh yang lebih tinggi. Pada tempe juga terkandung fitokimia seperti fitoesterogen dan isoflavon yang mempunyai pengaruh mendorong lipolisis (pemecahan lemak) dan menghambat adipogenesis (pematangan sel lemak) sehingga berpotensi mengurangi lemak tubuh dan memperbaiki profil lipid plasma. Tempe mengandung omega 3 yang mempunyai efek menurunkan kolesterol LDL.

Selain itu, tempe juga mengandung kalsium yang cukup untuk kesehatan tulang, juga mengandung isoflavon yang struktur kimianya sangat mirip dengan esterogen. Isoflavon tidak hanya menghambat kerusakan tulang tetapi juga menstimulasi pembentukan sel-sel tulang. Namun untuk mendapatkan manfaat ini maka perlu diperhatikan teknik pengolahan tempe. Proses pengorengan adalah teknik pengolahan yang tidak dianjurkan karena dapat mengurangi kandungan dan manfaat gizi pada tempe.

Berbagai penelitian menjelaskan pemberian formula tempe pada anak gizi buruk dan diare kronis akan mengalami perbaikan gizi, kenaikan berat badan dan penyembuhan diare dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini disebabkan karena kandungan gizi pada tempe tinggi, lebih mudah dicerna dan diserap sertamengandung komponen anti mikroba dan antioksidan.

Sumber:

MKM Susianto, DCN Rita Ramayulis, M Kes. 2013. Fakta Ajaib Khasiat Tempe. Penebar Swadaya Grup

Foto oleh cottonbro studio: https://www.pexels.com/id-id/foto/makanan-piring-hidangan-pertanian-6822599/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *