Bumbu untuk Ekplorasi Rasa pada Menu MP-ASI

Makanan pendamping air susu ibu (MP-ASI) sebaiknya diberikan saat usia anak 6 bulan. Pemberian MPASI ini bertujuan untuk menutup gap energi pada bayi yang tidak terpenuhi jika hanya dari air susu ibu. Namun, jika pemberian MP-ASI tidak tepat maka berisiko mengganggu tumbuh kembang anak seperti stunting atau anak kerdil (tinggi badan anak lebih rendah dibanding anak seusianya). Oleh karena itu, ibu perlu terus mencari info, meng-update informasi tentang pemberian MP-ASI yang tepat.

Ada banyak mitos yang beredar di masyarakat terkait pemberian MP-ASI yang tidak tepat. Salah satu mitos yang banyak diperbincangkan adalah mengenai boleh atau tidaknya memberikan bumbu pada makanan bayi. Menurut dr. Miza Dito Afrizal SpA, Dokter Spesialis Anak dalam konferensi pers Wisata Rasa MPASI Royco (21/07/2023), 10 tahun lalu penelitian menyebutkan bahwa MP-ASI sebaiknya tidak menggunakan bumbu atau cenderung hambar. “Tapi sekarang, dengan banyaknya penelitian, pemberian bumbu pada MP-ASI bayi dibolehkan,” jelas dr. Miza. Lebih lanjut menurut Miza, ada alasan dibalik itu, yakni indera pengecap manusia sudah mulai bekerja sejak di dalam kandungan. Janin trimester akhir sudah mulai bisa merasakan ‘rasa’. Saat lahir, bayi juga mengecap rasa gurih dari air susu ibu dan juga beragam rasa lain dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Jadi, menurut dr. Miza wajar jika anak menolak makan saat masa MP-ASI karena menu yang disajikan hambar atau tidak ada rasanya. Supaya pemberian MP-ASI sukses dan lancar, anak perlu diperkenalkan dengan berbagai rasa dan tekstur bahan pangan. Dr. Miza menekankan pentingnya eksplorasi rasa pada anak. Tak hanya mengenalkan berbagai bahan pangan, tapi ibu juga bisa menambahkan gula, garam, rempah, atau bmbu lainnya dengan takaran yang direkomendasikan.

Untuk mendukung para ibu agar tetap semangat saat menyiapkan MP-ASI, Amaryllis Esti Wijono, Direktur Nutrition Unilever Indonesia meluncurkan kampanye “Wisata Rasa MP-ASI Royco”. Kampanye ini bertujuan mendorong para ibu untuk terus memperkaya pengetahuan seputar MP-ASI erta menghadirkan buku resep yang siap menjadi panduan ibu dalam mengkreasikan aneka menu MPASI sesuai pedoman “Isi Piringku”. Di acara yang sama, Royco meluncurkan kaldu bubuk spesial rasa jamur dan rasa ayam yang diformulasikan tanpa micin, lebih rendah garam, dan tanpa pengawet. Selebriti mama Nikita Willy yang juga hadir di acara yang sama mengungkap menyambut baik inovasi tersebut. Nikita mengaku kerap memberikan bumbu saat membuat MPASI untuk anaknya, supaya menu yang ia sajikan lebih flavorful dan anak lebih lahap menghabiskan makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *