Bahaya Cikibul, Jangan Dibeli

Cikibul Kembali digandrungi anak-anak. Jajanan ini terbuat dari sereal atau snack puff yang diberi nitrogen cair. 

Jika makan makanan ini, maka kamu akan bernafas seperti naga. Ada banyak nama jajanan ini. Ada yang menyebutkan dragon breath, es ciki ngebul atau cikibul, smoked ice dan lainnya. Selain warnanya yang menarik, timbulnya sensasi mulut mengeluarkan asap, membuat jajanan ini digandrungi.

Nitrogen sebenarnya tidak bisa mengeluarkan api. Pada suhu ruang nitrogen bentuknya adalah gas. Dinaikkan tekanannya menjadi cair. Nitrogen ini sangat dingin, titik bekunya jauh dibawah titik beku air. Pada saat zat tersebut pada suhu yang amat dingin, maka tidak boleh bersentuhan dengan organ manusia secara langsung. Nitrogen bisa menyabkan cold-burn, yakni terbakar karena suhu yang amat dingin. Kulit bisa melepuh.

Pengolahan makanan menggunakan nitrogen cair membutuhkkan cara khusus dan tidak bisa sembarangan. Zat ini dimanfaatkan untuk mendinginkan adonan makanan dengan sangat tiba-tiba agar tercipta air kristal yang teksturnya lembut, seperti saat membuat es krim misalnya. Namun, makanan baru aman dikonsumsi jika semua nitrogen sudah menguap. Sejak 2018 Badan Pengawas Makanan Negara Amerika Serikat atau FDA menghimbau untuk tidak mengonsumsi pangan dan menangani produk yang menggunakan nitrogen cair.

Pada Juli tahun 2022 dilaporkan ada anak usia 5 tahun yang mengalami luka bakar hingga 30% karena cikibul yang baru saja dibelinya tiba-tiba mengeluarkan api. Kini, Cikibul kembali menelan korban. Beberapa anak keracunan hingga mengalami cedera serius hingga harus dirawat dan menjalani operasi akibat mengonsumsi makanan yang ditambahkan nitrogen cair ini.

Cikibul atau ciki ngebul atau popular juga dengan sebutan es krim ngebul atau smoke ice ini sebaiknya tidak dimakan. Makanan yang diolah dengan nitrogen cair namun caranya tidak tepat dapat menyebabkan luka bakar serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *