VItamin A, B, C Bantu Jaga Kesehatan Kulit Anak

Bu, kulit juga perlu zat-zat gizi yang tepat sehingga dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Bila hal itu kurang diperhatikan, dikhawatirkan berdampak pada jaringan dan struktur kulitnya. Maka yang tak boleh terlewat adalah memenuhi kecukupan gizi bagi kulit anak usia sekolah. lalu, zat gizi apa yang tepat untuk kesehatan kulitnya?

Vitamin A

Peran vitamin A lebih dikenal untuk menjaga kesehatan mata. Nah, ternyata, vitamin A juga dapat menjaga kesehatan kulit, lho! Selain itu, vitamin A berperan memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Tak hanya itu, vitamin A diyakini dapat memudarkan bintik cokelat yang tampak karena kulit terpapar sinar matahari. Bila anak kekurangan vitamin A, dampaknya adalah kulit menjadi kering, kasar, mudah bersisik, mudah terkelupas bahkan jadi gampang keriput. Selain itu, kulit mudah berjerawat, rambut kering dan berketombe serta kuku mudah terkelupas.

Apa saja bahan pangan sumber vitamin A? Ibu bisa dengan mudah mendapatkannya dari sayur-sayuran yang berwarna cerah, seperti merah, oranye atau hijau. Di antaranya adalah, bayam, wortel, brokoli, asparagus, kangkung, dan selada. Vitamin A juga bisa didapat dari buah-buah yang berwarna merah atau oranye, misalnya semangka, pepaya, mangga, tomat, stroberi dan sebagainya. Tak hanya itu, vitamin A juga bisa didapatkan dari umbi-umbian, seperti ubi ungu atau ubi kuning. Bahan pangan kaya akan vitamin A lainnya adalah dari produk hewani. Misalnya telur, hati, daging merah, susu dan produk olahannya.

Vitamin B

Vitamin B memiliki manfaat penting untuk sel-sel dalam tubuh, termasuk sel kulit, rambut, dan mata. Vitamin B membantu merawat kesehatan kulit dan tetap bersih serta bercahaya. Kekurangan vitamin B dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan gatal. Adapun sumber vitamin B di antaranya telur, ayam, nanas dan padi-padian seperti oatmeal.

Vitamin C

Biasanya orang lebih tahu bahwa vitamin C berperan dalam menjaga imunitas tubuh. Padahal, vitamin C juga baik untuk kesehatan kulit. Kenapa demikian? Karena vitamin C bertanggung jawab sebagai antioksidan yang tugasnya melawan radikal bebas pemicu kerusakan kulit. Vitamin C juga dibutuhkan untuk kesehatan kulit karena membantu proses produksi kolagen. Kolagen berfungsi untuk mempertahanan elastisitas kulit, mengencangkan, menjaga kulit agar tak kering dan menjaga kekenyalan kulit. Vitamin C juga menjaga kekuatan rambut sehingga tak mudah patah dan kusam.

Adapun sumber vitamin C umumnya adalah buah-buahan seperti jeruk, mangga, pepaya, semangka apel, pisang, stroberi, tomat dan kiwi. Selain itu, bisa didapatkan juga dari jenis sayuran seperti bayam, brokoli, buncis, kubis, kentang, ubi jalar.  Tak terkecuali, sumber dari produk hewani, yaitu hati sapi.

Sumber:

Foto oleh Markus Spiske: https://www.pexels.com/id-id/foto/makanan-sehat-tangan-musim-panas-175422/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *