Rajin Olahraga Anak Bisa Pintar

Badan yang sehat dan bugar sangat penting bagi anak. Sehat dan bugar tak hanya membuat anak bisa beraktivitas, bermain dan berinteraksi dengan teman-teman, namun juga berefek pada kecerdasan. Terkait hal ini, studi yang dimuat jurnal Brain Research, mengupas hubungan antara kebugaran tubuh dan kecerdasan dengan melibatkan 49 anak yang melakukan tes MRI (Magnetic Resonance Imaging).

Sang peneliti, Dr. Laura Chaddok, profesor psikiatri dari Universitas Illionis, menjelaskan bahwa riset ini fokus pada hippocampus, yaitu bagian otak yang berperan penting untuk belajar dan mengingat sesuatu. Sebelumnya, studi ini dilakukan juga pada orang dewasa, dengan tujuan yang sama. Hasilnya, mereka yang suka olahraga memiliki ukuran hippocampus yang lebih besar ketimbang orang yang tak doyan olahraga.  Hippocampus yang besar ini berhubungan dengan kinerja dan penalara yang lebih baik.

Dr. Chaddok mengungkapkan, adanya pengaruh kebugaran tubuh dengan kecerdasan anak. Dari 49 anak tersebut, terbukti mereka yang tubuhnya sehat dan bugar memiliki volume otak yang lebih besar, yaitu sekitar 12% lebih besar ketimbang anak yang tubuhnya biasa-biasa saja. Chaddok menyatakan, anak yang rajin olahraga, otaknya lebih mampu memanfaatkan oksigen yang masuk dan memiliki daya ingat yang lebih baik bila dibandingkan dengan anak yang tubuhnya kurang sehat. Yuk Bu, ajak anak rajin olahraga, setidaknya 3 kali seminggu!

Sumber:

Foto oleh Juan Salamanca dari Pexels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *