Belajar makan sendiri

Ketika mulai menginjak usia 1 tahun, si kecil mulai suka memasukkan benda apa saja ke dalam mulutnya. Yuk ajak si kecil belajar makan sendiri. Dengan belajar makan sendiri dapat membantu perkembangan fisik dan memperbaiki koordinasi antara mata dan tangan, serta meningkatkan rasa percaya dirinya.

Bunda dapat mengajak makan bersama, biarkan mereka mengambil dan memasukkan makanannya sendiri. Pada awalnya mereka akan mempermainkan makanan, membulak balik piring, melempar semua ke lantai, lalu memungut yang sudah jatuh untuk dimasukkan ke dalam mulut kecilnya. Tingkah lucu si kecil ini akan membuat acak-acakan di sekelilingnya. Untuk itu, bersabarlah dan secara pelan-pelan mulai ajari bagaimana caranya dan berikan contoh yang benar, lama-lama mereka dapat meniru bunda. Berikut tahapan mengajari si kecil makan sendiri :

1. Sebelum makan cuci dan keringkan tangan bayi.
2. Dudukkan di kursi makannya yang dilengkapi dengan meja, pastikan keamanan kursinya.Dekatkan dengan kursi makan bunda.
3. Pakaikan slabernya di leher, berikan mangkuk/piring dan sendok dari plastik (food grade) yang tidak mudah pecah. Isi dengan sedikit makanannya.
4. Pada awalnya mereka akan memainkannya, belum trampil pakai sendok sendiri, maka biarkan memakai tangan seperti makan finger food. Isikan sedikit lagi makanan di mangkuk/piringnya apabila sudah kosong diacak-acak.
5.Jangan memberikan makanan keras yang susah dikunyah, usahakan makanan bunda sama dengannya sehingga mereka merasa tidak dibedakan. Makanlah bersamanya, agar mereka dapat meniru bagaimana makan sendiri.
6.Pemberian buah berbiji, seperti jeruk, anggur dan lain-lain, dibuang terlebih dahulu bijinya.
7.Biarkan bayi belajar makan sendiri, kemudian diajarkan cara memegang sendok yang benar. LF

Foto oleh Hasan Albari: https://www.pexels.com/id-id/foto/bayi-duduk-di-atas-meja-1652117/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *