Rahasia Dibalik Warna Buah dan Sayur

Secara alami, buah dan sayur mengandung aneka warna yang indah. Dibalik keindahannya, ternyata warna-warna tersebut menyimpan manfaat yang cukup besar. Seringkali kita menghilangkan kulit buah, padahal tersimpan sejuta manfaat yang tersimpan di dalamnya. Berikut adalah beberapa makna dibalik warna tersebut

Merah
Menandakan terdapat likopen dalam buah tersebut. Likopen adalah senyawa fitokimia yang memiliki aktivitas antioksidan. Banyak terdapat pada tomat, pepaya, anggur, dan semangka. Antioksidan sangat penting dalam menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit.

Orange dan kuning
Adalah ciri adanya beta karoten dalam buah atau sayur. Contohnya terdapat pada mangga, alpukat, wortel, dan lainnya. Senyawa ini merupakan pro-vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Tidak hanya itu, vitamin A juga memiliki aktivitas antioksidan yang baik.

Putih
Ternyata warna putih juga memiliki arti, yakni adanya kandungan allicin. Terdapat pada buah pir, bawang putih, kol bunga, dan lainnya.

Biru/ungu
Pernah mengonsumsi anggur, bit, blue beri atau buah lain yang berwarna ungu/biru? Beruntunglah Anda, karena di dalamnya terdapat antosianin -zat warna yang ternyata juga kaya akan antioksidan.

Hijau
Warna hijau identik dengan adanya lutein dan zeaxhantin. Kedua komponen fitokimia ini sekarang sedang mendapatkan perhatian serius, mengingat manfaatnya yang sangat penting untuk kesehatan mata. Selain pada buah dan sayuran hijau, lutein dan zeaxhantin juga ditemukan pada telur.

Selain zat warna tersebut, di dalam kulit buah juga sering ditemukan serat dalam jumlah cukup. Konsumsi serat yang memadai akan meningkatkan kesehatan saluran cerna. Begitupun beberapa jenis vitamin dan mineral, diantaranya juga banyak terkandung di dalam kulit buah.

Nah, Bapak dan Ibu, ternyata warna tidak hanya menarik mata -tetapi juga sangat bermanfaat. Oleh sebab itu, sejak dini sebaiknya kita bisa menanamkan pengetahuan ini kepada anak-anak kita. Hanya saja, kita perlu berhati-hati dalam mengonsumsi sayur dan buah yang tidak dikupas. Sebelum dimakan cucilah terlebih dahulu secara bersih di air mengalir. Sebab dikhawatirkan masih terdapat residu pestisida yang berbahaya bagi kesehatan. LF

Foto oleh Polina Tankilevitch: https://www.pexels.com/id-id/foto/makanan-salad-sehat-sayuran-3872370/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *