Tips Meningkatkan Kosentrasi Belajar Anak

Dengan dukungan guru, ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan agar anak lebih konsentrasi dan fokus saat belajar. Berikut di antaranya:

1. ‘Bergerak’

Ternyata melakukan aktivitas fisik dapat memotivasi kerja otak. Minta si kecil untuk jalan atau bersepeda saat akan menuju ke sekolah, main di luar kelas saat jam istirahat, melakukan pekerjaan rumah seperti mengelap jendela atau main bersama teman sebaya setelah pulang sekolah. Pastikan si kecil sudah beraktifitas fisik seperti berjalan, lari, atau melompat-lompat sebelum dia duduk untuk belajar.

2. Istirahat

Berikan waktu istirahat setelah anak melakukan aktivitas fisik sebelum memulai belajarnya ya, Bu! Siapkan minum, lalu istirahat 10-15 menit baru kemudian anak bisa memulai aktivitas belajarnya.

3. Minimalkan sumber gangguan

Sebelum anak belajar, ibu harus pastikan bahwa semua hal yang bisa mengusik konsentrasinya sudah ‘diamankan’. Matikan televisi, atau jika ada yang sedang menonton, jauhkan anak sejauh mungkin dari televisi yang bisa mengganggu konsentrasinya. Matikan juga komputer dan telepon genggam milik ibu.

4. Bahasa isyarat

Tidak banyak berbicara saat anak sedang dalam proses belajar itu ternyata bisa meningkatkan fokus dan konsentrasinya, Bu! Dikutip dari GreatSchool.org, menggunakan bahasa isyarat atau ‘sinyal’ khusus tidak mengganggu konsentrasi anak saat belajar. Bahasa isyarat atau sinyal itu misalnya, saat anak hendak buang air kecil atau ingin minum, ia cukup mengangkat tangannya, dan ibu menyetujuinya hanya dengan anggukan saja. Bahasa isyarat atau sinyak khusus ini sebelumnya sudah dibicarakan antara anak dan ibu ya, supaya nanti saat dilakukan tidak salah mengartikan.

4. Buat daftar prioritas

Memiliki banyak pekerjaan rumah dari sekolah bisa membuat anak kewalahan. Untuk membantu anak tetap fokus, sebaiknya buat daftar prioritas. Bersama dengan anak, buatlah daftar yang harus dikerjakan terlebih dahulu, apakah itu mengerjakan tugas, atau hanya mengulang pelajaran.

5. Yakinkan anak bahwa dia mampu

Anak yang lebih percaya diri ternyata memiliki konsentrasi yang lebih baik lho, bu! Jadi, berikan keyakinan atau kepercayaan diri pada anak bahwa dia bisa mengerjakan semua tugas yang sekolah berikan. Dengan percaya diri, mereka merasa mampu untuk mengerjakan tugas dengan begitu fokus dan konsentrasi anak meningkat.

Sumber:

Foto oleh Nothing Ahead: https://www.pexels.com/id-id/foto/gadis-di-kursi-berlengan-di-sekolah-3205071/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *