10 Aktivitas Bermakna Ayah dan Anak

Kesibukan ayah dalam mencari nafkah hendaknya tidak mengesampingkan waktunya untuk si buah hati, karena figur ayah dalam pengasuhan juga berperan penting untuk perkembangannya. Apa saja aktivitas bermakna yang dapat dilakukan ayah dan si kecil, berikut 10 contohnya :

  1. Ajaklah anak membaca buku, koran, atau majalah bersama. Walaupun mereka sekedar melihat gambarnya, namun momen ini cukup berarti untuk mengeratkan kedekatan, menambah wawasan atau kosa kata baru, dan meningkatkan daya imajinasinya.
  2. Ajaklah makan bersama dan tanyakan tentang dirinya, apa yang dirasakan, apa yang dipikirkan, bagaimana temannya, permainan apa yang disuka, dan apa yang dibencinya. Dengan begitu anak akan berani mengungkapkan apa yang dipikirkannya.
  3. Ajaklah belajar menggambar, bermain musik, dan menyanyi. Aktivitas ini dapat menumbuhkan kreatifitas dan potensi seni anak.
  4. Bermain kesukaannya, seperti main bola, main puzzle, main catur, monopoli, bermain tebak-tebakan, dan lainnya. Ajarkan strategi untuk memenangkan permainan. Pilihlah permainan yang dapat mengasah kecerdasan, kreatifitas, dan sportifitas.
  5. Ajaklah bekerja bakti bersama, seperti membersihkan rumah dan kebun, menanam pohon, membetulkan keran air, atau mencuci kendaraan. Kegiatan ini akan menumbuhkan gaya hidup sehat dan bersih. Selain itu dapat mengajarkan perilaku tugas laki-laki.
  6. Ajaklah bermain dengan teman sebayanya untuk menumbuhkan kemampuan sosialisasi, bekerjasama, dan mau berbagi.
  7. Olah raga bersama seperti jalan pagi, bersepeda, berenang, jogging, atau senam. Aktivitas ini selain dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh juga dapat mengajarkan sportifitas dan motivasi pada anak.
  8. Saat menonton televisi bersama, tanyakan bagaimana pendapatnya mengenai acara tersebut. Jelaskan bagaimana contoh yang baik atau tidak baik yang dapat diambil dari tayangan di televisi.
  9. Sebelum tidur bacakan buku cerita yang dapat menjadi media untuk transfer ilmu pengetahuan, ilmu agama, dan memupuk rasa keingintahuan anak.
  10. Ajaklah ibadah bersama, sehingga kelak terbiasa melakukan kewajiban dan kebaikan yang diperintahkan Tuhan YME. Felanesa

Foto oleh Alexander Grey: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-yang-membuat-angka-tanah-liat-1449934/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *