Anemia Defisiensi Besi yang Patut Diwaspadai

Anemia Defisiensi Besi (ADB) adalah anemia akibat kekurangan zat besi untuk sintesis hemoglobin (zat pengangkut oksigen ke jaringan tubuh) dan merupakan defisiensi nutrisi yang paling banyak pada anak serta menyebabkan masalah kesehatan yang paling besar di seluruh dunia terutama di Negara berkembang termasuk Indonesia.

Anak dengan anemia bisa ditunjukkan dengan gejala badan lesu, pucat, mudah sakit, gampang pusing, dan detak jantung yang lebih cepat dari biasanya.

Ada banyak faktor penyebab ADB namun yang paling utama adalah kurangnya zat besi dalam darah karena rendahnya asupan zat besi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi anak, selain itu berikut faktor pemicu terjadinya ADB pada anak:

  • ADB pada bayi seringkali disebabkan karena pada usia 0-6 bulan tidak mendapatkan ASI atau pemberian ASI dihentikan lebih cepat. Padahal jumlah zat besi dalam ASI mampu memenuhi kebutuhan bayi 0-6 bulan serta mudah diserap bila dibandingkan oleh susu formula.
  • Penyebab ADB pada anak bisa terjadi karena anak terlalu berlebihan minum susu sapi atau susu formula yang tidak diperkaya zat besi, sehingga asupan dari pangan lain yang mengandung zat besi kurang optimal.
  • Pola makan anak kurang seimbang.
  • Adanya infeksi berulang/kronis baik yang disebabkan oleh bakteri, virus ataupun parasit.
  • Kehilangan zat besi berlebihan akibat perdarahan (contoh: infestasi cacing tambang),
  • Menstruasi berlebihan pada remaja puteri.

Usaha sederhana yang bisa Ibu lakukan adalah dengan mengonsumsi pangan mengandung zat besi. Ada banyak bahan pangan mengandung zat besi yang mudah sekali didapatkan, diantaranya adalah daging sapi, daging ayam, sayuran berdaun hijau seperti selada air, kangkung, brokoli, bayam hijau, buncis dan kacang-kacangan  Menurut Hikari Ambara Sjakti dalam tulisannya di situs Ikatan Dokter Anak Indonesia, pemberian tambahan zat besi dianjurkan pula sejak bayi sampai usia remaja, diberikan sebagai usaha pencegahan terhadap anemia.

Sumber:

Foto oleh Andrea Piacquadio: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-bersandar-di-meja-3767411/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *