Jamur, Banyak Jenisnya, Ini Manfaatnya

Menurut data Badan Pusat Statistik, tingkat konsumsi jamur Masyarakat Indonesia sangat rendah, yakni 0,18 kg per kapita per tahun, jauh dari Masyarakat Eropa yang tingkat konsumsinya mencapai 1,5 kg per kapita setiap tahun.

Jamur memberikan cita rasa gurih pada sebuah masakan tanpa perlu menambahkan lemak, kalori atau garam (sodium). Tak hanya itu, ternyata jamur juga mengandung zat gizi dan manfaat yang luar biasa untuk mendukung Kesehatan tubuh.

Sebuah review dari 17 penelitian dari tahun 1996 hingga 2020 mengungkap bahwa mengonsumsi hanya 18 gram jamur (setara 1/8-2 cup) setiap hari dapat menurunkan risiko terkena kanker hingga 45%. Jamur kaya akan senyawa ergothioneine, sebuah asam amino dan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel. Beberapa jenis jamur seperti shitake, merang, maitake, dan king oyster kaya akan senyawa ini. Namun peneliti menemukan bahwa konsumsi jamur jenis apapun setiap hari, dapat menurunkan risiko terkena kanker.

Peneliti menemukan bahwa jamur shitake mengandung senyawa atau komponen yang dapat menghambat produksi kolesterol sehingga tidak meningkatkan jumlah kolesterol total pada tubuh.

Sebuah penelitian di Singapura mengungkap, seorang yang mengonsumsi 2 cup jamur setiap minggu dapat menurunkan risiko terkena mild cognitive impairment (MCI) hingga 50%. Jenis jamur yang dikonsumsi peserta di antaranya yakni shitake, oyster, dan jamur kancing.

Jamur jenis jamur kancing, portabella, dan cremini mengandung vitamin D. vitamin D membantu tubuh menyerap kalisum secara optimal sehingga dapat membantu menguatkan tulang. Polisakarida jamur merupakan jenis karbohidrat yang jumlahnya melimpah pada jamur, dan polisakarida ini dapat menstimulasi perkembangan bakteri menyehatkan dalam usus. Ketika makanan di pecah dengan bantuan asam di perut, polisakarida jamur dapat melewati perut tanpa diubah dan dapat mencapai usus.  Jamur mengandung zat gizi makro yang dapat mendukung sistem imun, karena jamur mengandung selenium, vitamin D, dan vitamin B6.   

Sumber:

https://www.uclahealth.org/news/7-health-benefits-of-mushrooms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *