Air Rebusan Mie Instan Harus Dibuang, Berbahaya! Benarkah?

Pasti sering sekali mendengar kabar ini ya Bu?! Atau bahkan Anda pelakunya? 😊

Info tentang air rebusan mie instan memang banyak sekali beredar, terutama di media sosial. Ada yang menyarankan bahwa sebaiknya air rebusan mie instan dibuang karena mengandung senyawa berbahaya yakni lilin atau wax. Benarkah demikian? Mari kita cek faktanya!

Pada umumnya mie instan terbuat dari tepung terigu, air, minyak, garam, bubuk bawang, sodium bikarbonat, pati, asam sitrat, telur, dan bubuk jintan. juga mengandung bahan tambahan makanan seperti MSG sebagai penyedap rasa, sodium tripolyphosphate sebagai bahan  pengenyal dan  bahan  pengawet  seperti natrium  benzoat serta bahan pewarna tartrazine  yellow sebagai  pewarna kuning pada mie instan.

Berdasarkan komposisinya, tidak ada kandungan zat berbahaya seperti lilin/wax yang digunakan dalam pembuatan mie instan. Sehingga informasi yang beredar yang menyebutkan air rebusan mie instan mengandung senyawa berbahaya adalah salah. Bahan tambahan seperti penyedap, pengawet dan pewarna makanan aman dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Menurut Pratiwi (2017) dalam e-J. Agrotekbis, air rebusan mie semakin keruh karena banyak pati yang larut. Jadi, keruhnya air rebusan bukan karena ada bahan berbahaya ya Bu!

Beberapa ahli berpendapat bahwa air rebusan mie instan tidak perlu dibuang. Hal ini karena mie instan mengandung beberapa zat gizi larut air seperti asam folat, vitamin A, zat besi, dan Zinc. Jadi saat mie instan di rebus zat gizi yang ada di mie instan ikut terlalut dalam air rebusan, dan akan terbuang jika air rebusan mie dibuang.

Sumber:

Sumber: Pratiwi dalam e-J. Agrotekbis 5 (3) :351-356, Juni 2017

https://www.kominfo.go.id/content/detail/17858/disinformasi-  air-rebusan-mie-instan-harus-dibuang/0/laporan_isu_hoak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *