Memperkenalkan Makanan Padat Pasca ASI Ekslusif

Memasuki usia enam bulan, pemberian ASI saja tidaklah mencukupi. ASI hanya memenuhi sekitar 60-70% kebutuhan bayi. Menurut data dari Departemen Kesehatan, jumlah zat gizi terutama energi dan protein yang harus ada di dalam makanan padat pendamping ASI (MP-ASI) setiap hari yaitu sebesar 250 Kalori, 6-8 gram protein untuk bayi usia 6 – 12 bulan dan 450 Kalori, 12 – 15 gram protein untuk anak usia 12 – 24 bulan.

Bila MP-ASI tidak segera diberikan, masa krisis untuk mengenalkan makanan padat yang memerlukan keterampilan mengunyah dikhawatirkan akan terlewati. Bila ini terjadi, di kemudian hari bayi akan mengalami kesulitan untuk menelan makanan, atau akan menolak makan bila diberi makanan padat.

Pengenalan MP-ASI sebaiknya dilakukan secara bertahap, disesuaikan dengan perkembangan keterampilan makan bayi. Dimulai dengan tekstur lembut yang sangat cair sampai yang teksturnya kasar dan konsistensinya kental. Jumlah makanan pun harus disesuaikan dengan kebutuhan, dari sangat sedikit sampai pada porsi normal untuk anak-anak.

Menurut Lisa Barnes dalam bukunya Cooking For baby, ada beberapa tanda yang bisa dijadikan indikator bahwa bayi sudah siap menerima makanan padat, yakni

  1. Bayi dapat menegakkan kepalanya, dapat menoleh dan menolak apa yang ditawarkan kepadanya.
  2. Bayi dapat duduk sendiri dengan baik tanpa bantuan.
  3. Bayi menunjukkan tanda masih lapar setelah diberi ASI/PASI.
  4. Bayi menatap Anda ketika Anda mekan, dan berusaha untuk meraih  makanan yang sedang Anda makan.
  5. Bayi Anda lebih banyak dapat menelan pure yang diberikan daripada melepehnya.

Sebenarnya tidak usah bingung antara buah dan sayur, mana yang seharusnya terlebih dahulu diberikan untuk MPASI pertama. Jangan khawatir karena si kecil belum mengenal rasa apapun kecuali rasa ‘manis’ dari ASI. Yang penting, hindari dulu pemberian biskuit bayi yang rasanya sangat manis, khawatir si kecil ‘ketagihan’ dengan makanan yang manis dan tidak mau mencoba makanan lain seperti sayur.

Foto oleh AMSW Photography -Alisha Smith Watkins: https://www.pexels.com/id-id/foto/kursi-tinggi-bayi-hijau-dan-ungu-973970/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *