Tuna, Salah Satu Sumber Protein Pilihan Selain Daging Ayam

Ikan tuna adalah salah satu sumber protein, iodin, selenium, seng, kalsium, vitamin A dan B12. Ikan tuna juga termasuk ke dalam kategori ikan yang mengandung asam lemak omega-2 (EPA dan DHA) serta vitamin D.

Asam lemak omega-3 diketahui sangat penting untuk mendukung perkembangan otak anak, sistem syaraf dan penglihatan. Ikan berlemak cenderung mengandung omega-3 lebih banyak dibanding ikan laut. Meskipun ikan tuna mengandung asam lemak ang lebih sedikit dari ikan salmon, yakni 2,3-3,6 gr per 120 gr pada ikan salmon dan 0,4 gr- 1 gr per 120 gr pada ikan tuna, namun ikan tuna bisa menjadi salah satu pangan sumber protein yang baik untuk anak selain dari unggas dan daging sapi. Kuncinya Bu, tetap konsumsi pangan yang bervariasi ya! Sajikan aneka jenis ikan setiap hari sehingga kebutuhan gizi tubuh bisa terpenuhi.

Bagi orang dewasa, konsumsi 240 gr seafood sekali sepekan dapat memenuhi kebutuhan EPA dan DHA harian yang mencapai 250 mg. Jumlah ini diketahui dapat melindungi tubuh dari risiko penyakit kardiovaskuler.

Penelitian yang diterbitkan dalan Journal of Epidemiology (2018) mengungkapkan bahwa orang tua dewasa yang mengonsumsi ikan lebih dari 4 kali dalam sepekan memiliki skor ingatan lebih baik daripada orang tua dewasa yang jarang sekali makan ikan. Ikan dengan kandungan omega-3 yang tinggi dapat mengurangi penurunan kognitif pada orangtua dewasa.

Berapa seharusnya konsumsi ikan?

Konsumsi ikan disarankan 2 porsi setiap pekannya. Jenis ikan yang dikonsumsi bisa apa saja, seperti misalnya tuna, salmon, sarden, makarel, lele, mas, bandeng, dan ikan tenggiri. Berikut rekomendasi jumlah konsumsi ikan berdasarkan usia dan kebutuhan kalorinya.

Anak usia 2-3 tahu = 30 gr

Anak usia 4-7 tahun = 60 gr

Anak usia 8-10 tahun = 90 gr

Anak usia di atas 11 tahun = 120 gr

Namun, tidak direkomendasikan untuk konsumsi tuna terus-menerus atau setiap hari ya Bu! Sebaiknya makan makanan yang bervariasi. Hal itu sangat penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan berbagai zat gizi makrio dan mikro setiap harinya.

Sumber:

https://www.healthxchange.sg/food-nutrition/food-tips/tuna-health-benefits-fresh-versus-canned?utm_source=memberenews4-may22&utm_medium=email&utm_campaign=hxcmemberenews4-may22

Foto oleh Pixabay: https://www.pexels.com/id-id/foto/california-maki-on-dish-357756/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *