Ini Tanda Remaja Putri Kurang Darah

Keluhan seperti pusing atau ‘capek banget’ mungkin sering ibu dengar dari anak terutama anak yang beranjak remaja. Jangan diabaikan ya Bu, mungkin itu pertanda anak menderita anemia kekurangan zat besi. Sebenarnyna apa itu anemia?

Medical Doctor dari Johns Hopkins All Children’s Hospital, Jasmine Reese MD menjelaskan anemia adalah ketika tubuh tidak memiliki sel darah merah dalam jumlah cukup. Tubuh terdiri dari ribuan sel daarah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh dan organ. Setiap sel darah ini memiliki protein yang bernama hemoglobin yang membawa oksigen. Hemoglobin ini membutuhkan zat besi untuk bisa membawa oksigen,, dan zat besi ini bisa didapat dari makanan yang dikonsumsi

Apa penyebab anemia?

Penyebab paling sering terjadinya anemia pada remaja adalah kekurangan zat besi. Dan hal ini terjadi karena remaja kita kurang mengonsumsi pangan mengandung zat besi. Penyebab lain yakni growth spurt yang terjadi pada masa remaja serta menstruasi pada remaja putri.

Apa gejala anemia defisiensi besi?

Sering kali remaja kita mengeluh sangat Lelah, lemas, sering pusing hingga merasa tidak bertenaga. Kulit mereka tampak pucat dan nafas mereka terdengar pendek dengan detak jantung yang lebih cepat dari orang normal.

Cara penuhi kebutuhan zat besi

Zat besi terkandung pada aneka bahan pangan sumber protein hewani seperti daging sapi, daging unggas dan seafood. Selain itu zat besi juga terkandung pada pangan sumber nabati seperti pada kacang-kacangan, biji-bijian, sereal yang diperkaya dengan zat besi, serta sayuran berdaun hijau.

Zat besi yang berasal dari pangan sumber hewani mudah diserap oleh tubuh, berbeda dengan zat besi yang berasal dari pangan nabati yang sebaiknya dikonsumsi bersama dengan vitamin C untuk meningkatkan penyerapannya. Misal, sajikan sereal yang diperkaya zat besi dengan buah stroberi. Jangan lupa cek kandungan zat gizi pada produk pangan yang ibu beli ya!

Sumber:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *