Aneka Pangan Sumber Protein untuk Anak

Lalu, apa saja makanan sumber protein? Tentunya kita bisa mendapatkan dari sumber hewani maupun nabati.

Sumber makanan hewani

1. Telur  ayam

Telur mengandung vitamin, mineral, lemak dan antioksidan. Sebutir telur ayam mengandung 6 gram protein dan 78 kalori.

2. Daging ayam dan sapi tanpa lemak

Dada ayam tanpa kulit mengandung sebanyak 53 gram protein. Sedangkan, pada sapi mengandung 22 gram protein.

3. Keju cottage

Keju cottage adalah jenis keju yang terbuat dari susu sapi, rendah lemak dan kalori. Keju ini juga mengandung kalsium, fosfor, seleniumu, vitamin B12, vitamin B2 dan berbagai zat gizi lainnya. Secangkir keju cottage dengan 2% lemak menganduk 27 gram protein dan 194 kalori.

4. Yogurt dan susu

Yogurt seberat 170 gram mengandung 17 gram protein dan 100 kalori. Sedangkan secangkir susu dengan lemak 1 persen mengandung 8 gram protein.

5. Ikan tuna

Ikan tuna mengandung lemak dan kalori yang rendah. Tuna mengandung gizi yang kaya akan asam lemak omega-2 .Dalam 1 ons ikan tuna mengandung 30 gram protein dan 157 kalori.

Sumber makanan nabati

Apa sajakah sumber makanan yang mengandung protein? Berikut di antaranya:

1. Kacang almond

Almond mengandung gizi penting termasuk serat, vitamin E, mangan dan magnesium. Kadar protein yang ada pada kacang almond sebanyak 6 gram per 1 ons.

2. Gandum

Gandum banyak mengandung serat, magnesium, mangan, vitamin B1 dan zat gizi lainnya. Kadar protein yang terkandung dalam gandum mentah adalah 13 gram dan 303 kalori.

3. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang mengandung 2,8 gram protein di setiap cangkirnya. Selain itu, brokoli kaya akan vitamin C dan K yang bisa mengurangi risiko kanker.

Nah, jelas ya Moms, kandungan protein dalam suatu sumber makanan berbeda-beda. Moms perlu memerhatikan seberapa banyak asupan protein yang dikonsumsi anak. Sesuaikan porsinya dengan usia, jenis kelamin dan aktivitas harian si buah hati. Tentunya, perhatikan kebutuhan akan gizi yang seimbang sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak optimal.

Sumber:

Photo by Krisztina Papp from Pexels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *